Tuesday, November 27, 2012

Roti Butter Cream by Mei Djeng Kamto


Dear Ibu ibu Host yang ceria jangan tutup dulu pintu nyaaa yaaachhh he heh e h...

Kiriman saya berikutnya adalah Roti Butter Cream. Gara gara ditengah malam gadis kecilku merengek rengek he he  minta dibuatin roti kaya gambar ini (Gambar Buku Roti Unyil karangan Ny. Chendawati halaman 44). Gak perduli mata udah ngantuk he he akhirnya turun juga dari peraduan grasak grusuk cari cari cetan kue cuncum (horn) yang lama tidak diberdayakan (untungnya cetakannya ketemu dan masih layak dipakai hi hih )
Resep rotinya masih dengan menggunakan resep kira kira ala saya yang mudah (menurut saya dan enakkk...) sedangkan butter creamnya pakai resep Ny. Chendawati minus rhum.
Kita buat butter cream nya dulu yaa (dibawah ini versi 1/2 resep-nya)  :
Butter cream :
250 gram merrywhip kocok hingga mengembang
100 gram susu kental manis (saya tambah sedikit lagi)
¼ sdt garam
Rhumnya saya skip (saya ganti 2 sendok sirup lycee)
Saya tambah kira kira 1 sendok makan keju cheddar parut seperti request si genduk gadis kecilku
Siapkan cerry merah sebagai hiasannya
Bahan Roti :

Bahan I (Biang – siapkan kira kira 4  jam sebelumnya ) :
50 gram terigu protein tinggi
60 cc air
Ragi instant 1 sendok teh

Cara Pembuatan Biang :
Uleni dengan tangan /spatula  semua bahan didalam baskom, dan sisihkan / tutup dengan serbet
Bahan ke II :
Terigu protein tinggi kurang lebih 210 gram (tergantung cuaca)
Garam ¼ sendok teh
1 Kuning telur (ukuran besar)
Mentega 50 gram
Gula pasir 50 gram
Bahan olesan :
Susu evaporasi  dan mentega
Cara Pembuatan Roti  :
  1. Uleni semua bahan II dengan tangan  dan campurkan kedalam bahan I (bahan biang)
  2. Aduk semua hingga rata dan taburi terigu sedikit demi sedikit hingga kalis (diatas meja/marmer)
  3. Bulatkan adonan menyerupai kubah besar letakkan diatas loyang, dan biarkan mengembang beberapa saat (sekitar 30 menit)
  4. Kempiskan adonan dengan menggunakan rolling kayu
  5. Bagi adonan menjadi sekitar 13  bagian (kira kira beratnya masing masing sekitar 30 gram)
  6. Roll adonan memanjang dan pilin, rekatkan serta gulung pada cetakan horn/kerucut yang telah diolesi margarine sedemikian rupa . Letakkan dan susun diatas loyang datar yang telah diolesi margarin
  7. Diamkan beberapa saat (saya sekitar 30 menit) sebelum di oven
  8. Olesi susu evaporasi, dan panggang dalam oven suhu sekitar 190 derajad celcius hingga matang
  9. Setelah matang, lepaskan roti dari  cetakannya dan olesi dengan mentega, biarkan dingin
  10. Setelah dingin isi roti dengan butter cream (gunakan plastik cone/plastik segitiga), dan hiasi dengan cerry merah, serta siap untuk disajikann...
Ngomong ngomong... ternyata saya nggak begitu canggih lohh he he (ngaku nich) dalam mencetaknya dengan menggunakan horn...bolak balik lepasss gulungannya he he he...tapi kalau untuk dimakan sendiri lumayannnnn lahhh...yang penting kata Anin anak saya ...Mama roti nya enyakkkk he heh e
Salam Roti Butter Cream
Mei Djeng Kamto (Kediri)

No comments:

Post a Comment