Sunday, November 18, 2012

Roti Cane Kari Kambing by Aniverdiyanti

Dear Host,

Perkenankan saya menyetor Roti Cane ini. Sabtu pagi pulang gowes 20km bersama suami dia nyuci sepeda, sedangkan saya sekalian pendinginan badan ke dapur cemplang cemplung bahan-bahan Roti Cane ke Breadmaker dan memasak Kari Kambing. Kari matang adonan sudah kalis (30 menit), langsung menimbang dan memilin adonan menjadi bentuk konde. Selanjutnya mulai memanggang. Gak taunya malah keringetan lagi lho karena memilin adonan itu berat dan meanggangnya juga gak bisa ditinggal, sambil ditekan-tekan agar matang merata dan renyah. Akhirnya setengah jalan dilanjutkan ART, hehe.. Begitu matang foto-foto tinggal mandi lanjut makan siang bersama suami. Resepnya saya googling dari Tabloid Nova




Roti Cane

Bahan:
250 gr tepung terigu
1 btr telur ayam
½ sdt garam
80 ml air matang
50 sdm minyak samin (Saya ganti Blueband Margarin kemasan sachet)
Cara Membuat:
1. Campur tepung terigu, telur, garam, 2 sdm minyak samin dan air. Uleni
sampai adonan berubah menjadi kalis.
2. Bagi adonan menjadi 7 bagian, bentuk bola-bola lalu tutup dengan serbet
bersih. Diamkan selama 1 jam. (Saya buat 2 resep. Timbang adonan 80gram jadi sekitar 10)
3. Ambil satu adonan, giling sampai tipis, olesi dengan sisa minyak samin
lalu gulung, sambil diputar-putar di atas meja. Bentuk konde dan
istirahatkan selama 30 menit.(Saya cuma pilin sampai jadi memanjang seperti tambang diameter 1cm kemudian gulung melingkar)
4. Panaskan wajan pipih, beri sedikit minyak samin. Ambil satu adonan,
giling tipis dan goreng hingga kecokelatan dan matang, angkat. Taruh
dalam pinggan, sajikan bersama chutney
(Saya beri sedikit margarin lalu panggang adonan berbentuk konde 30 detik, balik lalu tekan-tekan adonan sekaligus memutarnya dengan menggunakan sutil kayu. 1 menit balik lagi begitu seterusnya sampai adonan melebar dan kecoklatan. Saya sajikan bersama Kari Kambing)

Ani
*Kenal Roti Cane semenjak pernah tinggal di Kepulauan Riau

No comments:

Post a Comment