Tuesday, November 27, 2012

Roti Keju by Woro Gozaly


Halo peri-peri roti yang cantik-cantik,
Mau ikut setoran roti nih, baru pertama kali ikutan. Ini pertama kali coba buat roti pake metode water roux (secara baru 2x nyoba buat roti ^_^). Waktu pertama kali bikin roti tangan pegel krn banting-banting adonan, kali ini saya pake hand mixer buat ngadonin dan dibantu ulenin pake tangan. Resepnya diambil dari FB mba Aurora.

Bahan water roux starter:
25 gr tepung terigu protein tinggi
125 ml air/ susu
Larutkan terigu bersama air/ susu dengan sempurna, panaskan di atas api kecil sambil terus diaduk hingga mengental, jangan sampai mendidih, dinginkan.

Bahan Roti A:
350 gr tepung terigu protein tinggi
55 gr gula kastor
7 gr susu bubuk
5 - 6 gr ragi instan

Bahan roti B:
1 butir telur
1 sdt garam
100 ml susu

Bahan roti C:
30 gr butter (saya menggunakan margarin)

Cara membuat:
1. Campur semua bahan A, lubangi tengahnya. Campur semua bahan B dengan water roux starter, masukkan ke bahan A. Uleni hingga setengah kalis, masukkan bahan C. Uleni hingga kalis.
2. Diamkan hingga mengembang (sekitar 45 menit). Bentuk dan isi sesuai selera.
3. Oles dengan susu evaporated, beri taburan. Panggang dengan api 190 C selama 15-20 menit
Untuk rotinya, saya isi dengan cooking coklat yang dipotong-potong kecil dan keju yang diparut. Adonannya saya bentuk bulat-bulat saja. Saat membuat adonan water roux-nya sempat salah karena adonannya jadi kaku dan gosong :) akhirnya dimulai lagi dari awal dan alhamdulillah berhasil. Roti-rotinya juga mengembang dengan sempurna.
Setelah jadi, hmm nyummy memang adonannya lebih lembut. Pak suami juga bilang kalau roti yang ini lebih empuk dibanding roti yang dulu pernah dibuat :) Besok-besok kalau buat roti lagi, saya pasti bakal pakai resep ini terus.
Terima kasih ya NCC, karena ada event ini jadi semangat untuk belajar membuat roti :)
Terima kasih peri-peri roti yang cantik ^-^

No comments:

Post a Comment