Monday, November 12, 2012

Roti Tanpa Telur by Yofi





Pagi host breadweek

Roti ini kubuat hari kamis kemaren. Untuk snack anak-anak bawa sekolah esok harinya,lihat bahan ternyata tidak ada telur,gubrak deh..buat apa yaaaa. Yang penting ada ragi pasti ngembang deh rotinya hehehe. Resep aku lihat dari Hesti's Kitchen yang aku modif dikit.



Roti Tanpa Telur

(metode water roux)

Bahan :

- 100 gr tepung protein tinggi
- 50 gr tepung protein sedang
- 22 gr gula pasir
- 27gr  susu bubuk full cream
- 3 gr ragi instan
- water roux
- 46 ml air
 - 15 gr butter
- 1/4 sdt garam

Water roux :

- 20 gr tepung terigu protein tinggi
- 100 ml air


Cara membuat :

Water roux :
Campur air dan tepung terigu. Aduk rata sampai halus dan tidak bergerindil. Masak dengan api sedang sampai kental. Jangan sampai mendidih dan berwarna keabuan (kalau aku, blm sampai 5-10 detik udah kuangkat karena sudah kental). Sisihkan hingga dingin.

Roti :

Tuang semua bahan kering kecuali margarin dan garam ke dalam mixer. Masukkan campuran water roux dan air ke dalamnya. Nyalakan mixer dan proses hingga kalis. Tambahkan margarin dan garam lalu mixer lagi sampai elastis. Kalau terlalu kering bisa ditambahkan sedikit air, tapi kalau terlalu lembek bisa ditambahkan sedikit tepung.
Tutup dengan cling wrap dan fermentasikan sampai mengembang selama 45 menit.
Bagi adonan menjadi beberapa bagian, masing2 beratnya 30 gr. Isi sesuai selera ya kemaren aku isi keju dan coklat, bulatkan. Tata ke dalam loyang yang sudah dialasi kertas roti yang dioles margarin.
Fermentasikan lagi selama 45 menit.
Selanjutnya olesi roti dengan susu lalu panggang sekitar 20 menit.

Ternyata roti tanpa telur nya empuk juga loh...


Salam Roti

Yofi


1 comment:

  1. mbak, mo tanya, barusan coba resep roti ini kq, hasilnya agak keras yah?ga empuk. pdhl dh ikuti step2nya dgn benar, adonan dh kalis elastis, dll

    ReplyDelete