Tuesday, November 27, 2012

Sausage Cheese Boat by Mei Djeng Kamto


Selamat siang trio host yang menawannn...
Berikut ini laporan saya yang kesekian kali nya...

O ya saya mau mengucapkan terimakasih dulu yaaach kepada para suhu NCC, Ibu Fat, Host sekalian serta teman teman NCCer  yang tercinta...pasalnya he he dengan diadakannya NCC Bread Week ini hmmmm ibaratnya sebagai ajang bagi saya untuk suuumangat berlatihhh ( dengan peralatan seadanya :))...harus tetap semangatttt.....berlatih segala macam rerotian dari segala penjuru dunia, dan membuka wawasan  dari tulisan tulisan yang dikirimkan  teman teman sekalian 
  
OK sekarang kita mulai yaaa...O ya saya masih pake resep ala saya. Idenya mungkin karena saya membaca beberapa buku perotian (kalau nggak salah ada roti yang serupa di buku karangan  Jony Dean judulnya lupa pokoknya tentang roti )

Sausage Cheese Boat
Bahan I (Biang – siapkan kira kira 4  jam sebelumnya ) :
50 gram terigu protein tinggi
60 cc air
Ragi instant 1 sendok teh

Cara Pembuatan Biang :
Uleni dengan tangan  semua bahan didalam baskom, dan sisihkan / tutup dengan serbet
Bahan ke II :
Terigu protein tinggi kurang lebih 220 gram (tergantung cuaca)
Garam ¼ sendok teh
1 Kuning telur (ukuran besar)
Mentega/butter  50 gram
Gula pasir 40 gram
Sosis (sapi atau ayam terserah) 4 buah
Keju (Saya pakai Quick Melt potong  4 lembar seukuran jari telunjuk)
2 Siung bawang putih kupas & cacah (Karena saya kesulitan menemukan garlic powder didaerah  saya)
Wijen untuk baluran secukupnya 
Oregano secukupnya 
Cara Pembuatan :
  1. Uleni semua bahan II dengan tangan  dan campurkan kedalam bahan I (bahan biang) yang telah disiapkan sebelumnya 
  2. Aduk semua hingga rata dan taburi terigu sedikit demi sedikit hingga kalis (diatas meja/marmer)
  3. Bulatkan adonan menyerupai kubah besar letakkan diatas loyang, dan biarkan mengembang beberapa saat (sekitar 30 menit)
  4. Kempiskan adonan dengan menggunakan rolling kayu
  5. Bagi adonan menjadi 4 bagian, kira kira @ 110 gram
  6. Masukkan sosis kedalam masing masing adonan, bentuk lonjong - rapikan
  7. Gulingkan roti pada wijen hingga rata
  8. Potong memanjang/jangan sampai putus (vertikal) bagian atas tengah roti dengan pizza cutter atau pisau, dan taburi bawang putih cincang , tutupi bagian yang dipotong tadi dengan lembaran keju
  9. Taburi oregano 
  10. Biarkan roti beberapa saat (kira kira 15 menit) 
  11. Roti siap di oven dengan suhu sekitar 190 - 200 derajad celcius, hingga matang
Hmmm aroma nya mak nyusss.... Roti ini cocok disajikan dengan saus pedas dan saus tomat...selamat mencoba yaaach


Salam Roti
Mei Djeng Kamto (Kediri)

No comments:

Post a Comment