Thursday, November 15, 2012

Smokey Mozza Pizza by WD

Dear Trio Roti yg cantik....
mohon ijin utk setor laporan Pizza yg alakadarnya ini ya...demi utk mendapatkan badgenya yg keren abiiiiizzz.... :)
Cerita dari pembuatan pizza kali ini adalah karena aku lagi BT banget, longwiken gak bisa ke mana2, anak2 & suami juga jd ikutan BT. Hiks....
Sambil cemberut, aku ngoprek freezer & ternyata masih ada 1 bungkus smoked beef & mozarella yg cukup banyak bekas bikin lasagna. Mulai deh senyum sedikit. Coba cari terigu cakra, abis. Eh nemu tepung terigu komachi yg sebulan lalu aku beli tp lupa dipake (ketauan deh rajin beli doang ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ ). Senyum mulai mengembang. Kepikir, YES...bisa juga ikutan NCCBW nih...twink twink :) cek ragi ada...okay, mari kita mulai....
Timbang2 adonan, pas mau masukin ragi eh trnyata raginya expired, untung belum dimasukin. Rayu suami buat ngebut pake motor ke pasar cari Fermipan, untung suami mau :) alhamdulillah.... Singkat kata, mulai jam 1/2 6 sore ngaduk adonan pake hand mixer philips, adonan cukup kalis (menurut aku) jam 6 passss. Dan pizza sdh mulai bs dimakan jam 1/2 8 malem...lumayan, anak2 & suamiku jadi gak  BT lagi. Roti pizzanya empuk spt PI**A H** kata mereka...alhamdulillah...
Oh iya, aku pake resep soft dough-nya mba Rina Rinso. Makasih resepnya ya mba. Gampang & enaaaaakk....Berikut resepnya:


SoftDough Pizza by Rina Rinso
Bahan :
350 gr terigu protein tinggi (aku pake komachi)
15 gr gula pasir
5 gr ragi instan
20 gr susu bubuk
200 ml air es
50 gr mentega putih (aku pakai blueband)
1 sdt garam (aku gak pake).

Cara membuat :
1. Campur semua bahan kecuali air dan garam. Kemudian masukkan air sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai kalis. (Aku pake mixer phillips yg spiral sktr 30mnt)
2. Setelah kalis siamkan sampai adonan mengembang 2 kali. (Kmrn aku 45mnt)
3. Setelah mengembang kempiskan adonan, kemudian bagi adonan menjadi 3 bagian. Bulatkan adonan dan diamkan 10 menit.
4. Setelah didiamkan 10 menit tipiskan adonan dengan cara digiling. Kemudian tusuk-tusuk dengan garpu.
5. Setelah itu diamkan 30 menit sampai mengembang.
6. Oven dengan api bawah suhu 190 derajat selama 8 menit sampai roti setengah matang.
7. Oleskan bagian atas roti dengan saus pizza (aku kemarin pakai saus tomat+mayonaise), taburi dengan topping sesuka hati (kemarin aku pakai smoked beef) dan taburi dengan keju mozzarela parut.
8. Oven lagi selama 10menit sampai matang

Mudah2an diterima ya peri roti....amiin :)
Maaf fotonya jelek ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ....


Regards, WD

No comments:

Post a Comment