Tuesday, November 13, 2012

Soft Dough Pizza a la Christine Kurniawan

Halo trio peri roti,

Mau ikutan laporan ah....

Sebetulnya udah lamaaaaa bgt pengen nyoba resep pizza dough-nya Mba Rina, udah disimpen lama resepnya, tp nggak berani bikin krn baca2 kog nguleninya berat ya...
Suami jg nggak setuju, alasannya : nggak suka roti.
Pas mo bikin, kog kebetulan ada NCCBW, jadi bisa laporan & dapet badge nih...
Setelah tanya2 sama Mba Rina, Vina, dan temen2; akhirnya kemaren minggu jam 1 atau 2siang, pas anak lg tidur, mulailah aku menguleni pake LG, tapi sampai jam 5 sore nggak kalis2, udah capek, nggak bisa ngurus rumah (nggak punya art), tetep aja nggak kalis2.
Nekad diproofing & panggang...jadinya bantat *tepok jidat
Malemnya dengan patah hati, mo tidur...ehhhh...baca laporan mba Indah Pahlevi, kaget + shock: wong yang sakit aja bisa, kog aku yg sehat nggak bisa.
Jadilah aku bangun jam 3pagi, mulai nimbang, tp kali ini pake mixer aja Hahahaha LOL
Eh lah, jadi tambah kaget+shock lagi, la kog cepet bgt kalisnya????? La tau gitu, dari kmrn aja to nguleni pake mixer *edisi pemalas LOL
Jadinya seperti ini nih....*bangga, walo nggak pake LG wkwkwk

Tp nguleni pake mixer membuatku malah jadi semangat pengen nyoba resep2 yg lain looo, langsung ke tbk beli fermipan 1pak wakakakak LOL


Makasih ya udah baca curcolku yg panjang ini teman2....







resep pizza dough-nya punya mba Rina Rinso (hai mbaaaa...., maaf ya merepotkan, nanya2 terus)
Soft Dough Pizza

Bahan :
350 gr terigu protein tinggi (misalnya cakra)
15 gr gula pasir
5 gr ragi instan
20 gr susu bubuk
200 ml air es
50 gr mentega putih (tp aku pakai blueband)
1 sdt garam

Cara membuat (ala aku) :


  1. Campur semua bahan kecuali air dan garam. Kemudian masukkan air sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai kalis. -- mixer speed 1
  2. Setelah kalis diamkan sampai adonan mengembang 2 kali. Di resep tertulis 30 menit tetapi aku kemarin biarkan proofing di suhu ruang 1 jam 15 menit. (ngikut mba indah pahlevi)
  3. Setelah mengembang kempiskan adonan, kemudian bagi adonan menjadi 2 bagian. Bulatkan adonan dan diamkan 10 menit.
  4. Setelah didiamkan 10 menit tipiskan adonan dengan cara digiling. Kemudian tusuk-tusuk dengan garpu. Seharusnya bagian tepi adonan lebih tebal, tetapi aku kemarin rata aja semuanya. (sama dengan mba indah, rata juga)
  5. Setelah itu diamkan 30 menit sampai mengembang.
  6. Oven dengan api bawah suhu 190 derajat selama 8 menit sampai roti setengah matang.
  7. Oleskan bagian atas roti dengan saus pizza (untuk isian saya pakai saus bolognaise mba nicke jj, sosis, jamur dan  taburi dengan keju mozarella)
  8. Oven lagi selama 10menit sampai matang.
hasilnya jadi 2 loyang bulat 25cm

1 comment: