Friday, November 30, 2012

Sourdough Bowl with Cream Soup by Amy Pangestu

Selamat malam..

Laporan roti yaa:)

Saya lagi kambuh amandelnya gara-gara makan chiki jadi rada-rada panas dingin. Harusnya malu yah ibu-ibu kok Chiki-an hehe.. harap maklum, justru semakin bertambah usia kadang-kadang ada saatnya super kangen cemilan masa piyik meski sudah pintar dan tahu MSGnya segudang. Hal yang memperparah adalah ketularan ba-pil, jadilah merana.

Nah, sudah beberapa hari ini saya ingin sekali makan yang hangat dan bikin rileks. Sup lah ya pas sekali musim hujan pula. Temannya sup pasti roti. Lagipula tenggorokan terlalu sakit untuk menelan nasi. Ya sudah, akhirnya saya membuat sup krim yang disajikan dengan mangkuk roti. Saya suka sekali resep ini karena menghasilkan roti dengan kulit yang kokoh, renyah, namun berpori halus dan empuk di dalam. Hal tersebut sangat dibutuhkan untuk dapat menopang sup di dalamnya. Kalau rotinya empuk dan kulitnya tipis, sup panas di dalamnya akan meleber dan meresap keluar sehingga roti akan benyek. Meski hampir 1 jam diisi sup, roti ini tetap gagah berdiri lhooo..

Untuk roti ini saya menggunakan tepung Balastra, yakni tepung yang mengandung biji2an seperti biji labu, biji bunga matahari, flax seed dan lain2. Bila tak ada dapat diganti tepung whole wheat atau menggunakan tepung cakra saja seluruhnya. Biji-bijian juga dapat ditambah kira-kira 2-3tbs untuk menghasilkan roti yang sehat.

Sumber Wandering Bread.
Untuk 3 Roti
Resep
150gr sourdough starter (madre)
225gr Tepung balastra
200gr Tepung cakra
275gr air
7gr garam
 
Cara Membuat:
-Campur semua bahan dalam wadah kecuali garam dan biarkan selama 30 menit
-Taburkan garam diatas adonan dan lakukan stretch and fold dalam wadah hingga garam tercampur rata. Biarkan 30 menit.
-Setelah waktu tersebut, kembali lakukan stretch and fold 30x dalam wadah sebanyak dua kali lagi dengan jeda waktu 30 menit.
-Pindahkan adonan ke meja yang telah diberi sedikit tepung dan lakukan stretch and fold sekali atau dua kali.
-Bentuk bulat adonan dan pindahkan ke wadah lain yang telah diminyaki sedikit agar tak lengket dan biarkan 30 menit.
-Lakukan stretch and fold di atas meja seperti sebelumnya. Pindahkan kembali ke wadahya, tutup dengan plastic dan biarkan mengembang hanya sampai 50%. Jangan sampai over-proofed
-Masukkan lemari es selama 20 jam
-Setelah 20 jam, taruh adonan ke atas meja, bagi 3, bentuk bulat asal saja dan biarka 60 menit hingga ia mencapai suhu ruang.
-Bentuk bulat. Biarkan 45 menit
-Beri guratan dengan pola yang diinginkan sebelum dibakar dan bakarlah 30-35 menit pada suhu 230C
 
Jadi deh!
Tunggu rotinya dingin dan tinggal potong atasnya kemudian masukkan sup krim favorit keluarga. Sup yang saya buat di gambar adalah sup krim jagung wortel. Resep kira2 yang penting enak di lidah dan tenggorokan. Susunya saya pakai yang low-fat sehingga tidak 'berat' rasanya.
Tips dari saya untuk mendapat bulat sempurna dan permukaan yang caem adalah saat membentuk bulat, pastikanlah permukaan roti cukup tertarik dan tidak ada kerutan.
 
Selamat mencoba!

@amypangestu

No comments:

Post a Comment