Wednesday, December 5, 2012

Burger a la Mama Ishar (Sulisetyawati Efrika)


Halooo para host roti yg baik hati.. saya mau ikut setor laporan roti nih..
Semoga kali ini diterima setelah 2x gagal ikut ncc week karna over kuota.
Bicara mengenai membuat roti, saya ingin berbagi kisah saya dengan roti. saya sudah mulai membuat roti ini sejak zaman kuliah dulu ( tahun 2000). Kondisi ekonomi orangtua saya yang kurang membuat saya berputar otak mencari dana tambahan untuk mencukupi kebutuhan kuliah & hidup saya di kos selain dari dana beasiswa yang saya peroleh.
Syukurlah saya punya hobi membuat dan membaca buku2 resep sejak SMA. Dengan pengetahuan yang terbatas dan perlengkapan seadanya, setiap pagi jam 4 saya sudah menguleni adonan roti dengan LG (lengan gede yah kepanjangannya?).
Saya lupa sumber resep yang saya buat berasal darimana, tapi hanya dengan 1 resep itu saya 
bisa membuat 2jenis roti (digoreng&dikukus) dan resep itu bisa sedikit membantu saya sampai lulus kuliah.

Kali ini, saya membuat burger dengan menggunakan resep roti burger dari Bogasari Baking Center.
ceritanya roti ini dibuat karena ada pesenan burger mini tuk anak2 TK minggu kemarin. Ternyata roti yang saya buat hari itu benar2 paaaaassss sekali jumlahnya sesuai pesanan, yaitu 60 buah. Karena tidak kebagian, Anak saya protes minta dibuatkan (maklum aroma saat membakar roti menyebar ke seluruh ruangan rumah kami), tp ia minta dibuatkan yang besar.
Akhirnya senin malam saya buat burger ini. Oh ya, berhubung tenaga saya tidak seenergik seperti dulu lagi dan membuat roti sambil mengasuh 2 anak yg masih kecil, saya tidak membuat dengan LG lagi. Saat ini saya menggunakan mixer khusus adonan roti lokal. Lumayan lah.. terigu 1/2 kilo bisa diuleni sampai kalis hanya 15 menit saja. Hasilnya.. yummy..


Ini resep roti burger yg saya buat:
Bahan Adonan Utama :
Terigu Cakra Kembar 1000 gr
Ragi instan 15gr
Air Sckp (saya pakai 250ml)
Gula 120 gr
Garam sckp
Susu skim 60gr
Margarin 100gr
Bread improver 5gr (aku ga pake)
(Aku tambah 1 butir telur)
Bahan topping
Wijen 50gr
Bahan olesan:
 Susu evaporasi 150gr

Pengerjaan Roti Burger: 

Campur semua bahan kering. Masukkan air, (aq tambah telur), uleni/aduk hingga adonan menyatu. Masukkan margarin, uleni/aduk hingga kalis. Istirahatkan +/-10 menit. Bagi adonan dengan berat 60 gram, bulatkan. Istirahatkan lagi sekitar 10 menit. Gilas, lalu bulatkan. Susun di loyang yang sudah disemir shortening putih (aku pake silpat). Oles permukaan roti dengan susu evaporasi. Taburi permukaannya dengan wijen. Istirahatkan selama +/- 90 menit hingga adonan cukup mengembang. Bakar di oven pada suhu 180°C selama 20 menit. Oles dengan margarin. Resep ini diambil dari buku Bread Making Course BBC (bogasari baking center)

1 comment:

  1. terimakasih sudah berbagi informasinya gan..

    www.kost-jogja.com

    ReplyDelete