Thursday, December 6, 2012

Cheesy Dinner Rolls in Cups by Eka Oktaviani

Hai hai host yang cantik-cantik.
Akhirnya nyetor juga di hari-hari terakhir (menghembuskan nafas lega). Sebenarnya sudah tau lama si NCCBW, tapi karena lagi banyak tugas menumpuk dari dosen akhirnya kepending. Selain itu, faktor HP rusak jadi males mau berkreasi di dapur (biasanya foto pakai HP). Dan di awal bulan ini, si bos baru gajian, diniati ke TBK beli tepung Komachi yang merupakan tepung protein tinggi favoritku. Pulang dari kampus, meluncur ke TBK sendirian. :D
By the way, ini resep dari Laura Vitale (www.laurainthekitchen.com). Ngefans berat sama mbak Laura Vitale ini. Awalnya suka lihat videonya di youtube, eh kepincut sama hasil masakannya, dan sudah beberapa kali praktek dari resepnya mbak Laura. :D
Sebenarnya ini resep asli namanya "Dinner Rolls" dan tanpa filling/isian. Tapi karena sekalian mau mencoba papercup yang baru ku beli di TBK plus pakai cheese filling, jadilah namanya "Cheesy Dinner Rolls in Cup" (maaf ya mbak Laura). Ukuran yang dipakai mbak Laura ini juga selalu dalam bentuk cup. Tadi sudah aku konversi ke gram (lihat catatan di milis NCC tentang konversi ukuran). Sekaligus, step by step aku ubah sesuai keinginan dan kebiasaan. :D Kreatif apa penghancur resep nih namanya?
Agak sedikit keki pas nguleni. Aku biasa menguleni sampai tercampur rata, setelah itu ku gunakan hand mixer mama -yang sudah pernah rusak karena dipakai nguleni roti lebih dari 500 gram-. Kok ya si roti ini susah banget mulusnya. Dan memang terlihat seperti bantat. Hiks. Belum lagi cuaca yang mendung, kayaknya memang membuat roti ini gagal dengan suksesnya (lho?). Ya sudah tetap jalan, uleni tangan, uleni mixer, bulatkan, tutup. Sampai 1 jam, adonan nggak mengembang besar. Pas dibuka, mengembang sih, cuma sedikit. Ah tetap saja jalan. Dibagi, jadilah 10 bulatan. Langsung isi filling, diamkan sebentar, masukkan ke oven yang sudah panas. Wah makin lemes, nggak naik-naik. Hahaha. Akhirnya ku titipkan mama, karena jam 6 sore aku harus berangkat kuliah sambil jemput si bos.
Pas mau pulang, aku sms mama, menanyakan roti. Alhamdulillah katanya bagus, sudah hilang 3 biji. Atasnya juga bisa nyoklat cantik padahal cuma ku olesi susu cair yang kucampur sedikit gula  pasir.
Sampai di rumah, langsung ku lihat. Aihhh cantikk. Coklatnya bagus, merata. Matang sempurna. Walau memang dalam segi tekstur agak berat dari roti yang biasanya soft dan ringan. Sepertinya memang karena namanya ya. Pengertianku sih roti ini memang untuk dinner atau makan malam. Jadilah roti berat nan empuk yang bisa disantap saat makan malam. Kalau aku sih tetep, habis 2 roti ya makan nasi. hehehe. Oh iya roti ini tanpa bread improver, lho. :)
Kalau mau lihat resep aslinya, bisa intip di
Ini dia hasil resep modifikasiku..

"Cheesy Dinner Rolls in Cup"

Bahan :

A (lelehkan)
100 ml susu cair
40 gram butter

B
2 cup tepung Komachi (240 gram-280 gram), diayak
40 gram gula pasir
1 sdt ragi instan
2 butir kuning telur

C
sedikit garam

D (filling)
Cream cheese filling/cheese filling

E (olesan dan taburan)
susu cair
gula pasir
Keju lembaran, potong kotak


Cara membuat :
1. Lelehkan bahan A dengan cara di tim, aduk rata dengan whisk. Sisihkan, biarkan hangat.
2. Masukkan bahan B ke dalam bowl, aduk rata dengan spatula. Masukkan bahan A, aduk rata dengan spatula, lalu lanjut diuleni dengan tangan/dengan mixer.
3. Jika sudah hampir kalis, masukkan bahan C, uleni sampai kalis elastis (Sampai kalis juga nggak apa-apa, kok). Bulatkan, letakkan dalam bowl, tutup dengan pastic wrap. Diamkan selama kurang lebih 1 jam sampai mengembang.
4. Kempiskan adonan, bagi menjadi beberapa bagian, lalu bulatkan dan pipihkan. Isi tengahnya dengan cheese filling, bulatkan, kemudian letakkan ke dalam paper cup. Istirahatkan lagi selama 15-30 menit.
5. Olesi bagian atas roti dengan susu cair yang sudah dicampur sedikit gula pasir. Lalu berikan keju lembaran yang sudah dipotong kotak.
6. Panggang ke dalam oven dengan suhu 200 derajat celcius sampai matang kecoklatan. Angkat, sajikan hangat.

Nyum nyum enak..


Yuk dicobain..

Salam, Eka Oktaviani - Malang

No comments:

Post a Comment