Tuesday, December 4, 2012

Fruit Mix Cup Bread by Ayu Wulandari

Selamat Pagi Peri Roti yang baik hati,

Perkenankan saya ikutan NCC Bread Week. Sejujurnya jarang sekali bikin roti nih padahal hampir tiap hari beli roti untuk sarapan anak-anak dirumah. Pernah beli Bread Maker di Mbak Marlian Masri tapi sama sekali belum pernah diberdayakan hehe dan kali ini pun saya mengandalkan LG buat nguleni roti ... tapiiii jangan salah, saya semangat sekali lho ikutan NCC Bread Week ini. Roti dibuat Sabtu sore, maksudnya untuk cemilan nonton bola Indonesia vs Malaysia malamnya.

Saya pakai resep yang semua bahannya ada dirumah dan juga dirasa mudah dalam pembuatannya, akhirnya pilihan jatuh pada Resep dari Booklet Majalah Sedap dan Orchid Butter yaitu : FRUIT MIX CUP BREAD.


Fruit Mix Cup Bread 
Sumber : Booklet Majalah Sedap dan Orchid Butter

Bahan roti :
75 gr Orchid Butter Unsalted (saya pakai yang salted)
300 gr tp. terigu cakra kembar
100 gr tp. terigu segitiga biru
20 gr susu bubuk full cream indomilk (saya pakai 27gr susu bubuk full cream dancow)
6 gr ragi instan
75 gr gula pasir
1 butir telur
1 kuning telur
165 ml air  es  
1 sdt garam (saya pakai hanya seujung sdt krn butter sdh salted)
1/2 sdt baking powder
100 gr fruit mix ceri merah, hijau, kismis (saya pakai sukade dan kismis)


Bahan toping :
1 putih telur
125 gr gula tepung
1 sdt air jeruk lemon


Cara membuat :

Roti :

1.Campur tp. terigu, ragi instan, gula pasir, susu bubuk dan baking powder. Aduk rata.
2.Tambahkan telur dan air es sedikit-sedikit sambil diuleni sampai kalis.
3.Masukkan Orchid butter unsalted dan garam. Uleni sampai elastis. Diamkan 15 menit.      kempiskan adonan. Tambahkan fruit mix. Uleni rata.
4.Timbang adonan masing-masing 40gr. Bulatkan. Diamkan 10 menit. Masukkan dalam    cup kertas tebal. Diamkan 45 menit sampai mengembang.
5. Oven dengan api bawah suhu 190 derajat celcius selama 15 menit sampai matang.


Toping :

Kocok putih telur sampai setengah mengembang. Tambahkan gula tepung. Kocok sampai mengental. Masukkan air jeruk lemon.Kocok rata.
 
Kali ini saya pakai streusel sebagai toping.

Bahan dan cara membuat streusel :


50 gr butter (saya tidak pakai)
50 gr margarine (saya pakai 2 sdm margarine)
100 gr gula pasir
225 gr tp. terigu segitiga biru ( saya pakai 3 sdm tepung saja karena dicup toping tdk telalu banyak)
Aduk semua bahan sampai menjadi butiran kasar.


Dari 1 resep roti didapat 23 buah cup roti.



Demikian laporan saya, semoga dapat diterima.

Salam Roti,
Ayu Wulandari @ Dapoer Ayoe 

No comments:

Post a Comment