Tuesday, December 4, 2012

Roti Isi by Afi

Turn off for: Indonesian

 Dear Hosts & teman ...

Belum sempat membuat khusus untuk event ini dengan resep yang sudah saya kumpulkan . Daripada akhirnya tidak bisa mengikuti/ sekedar berpartisipasi akhirnya saya ikut setor roti yang memang biasa dibuat untuk sarapan/ snack keluarga. Yaitu Soft Bread Ibu Fatmah Bahalwan ^_^.

Membuat adonannya saya tidak memakai LG karena saya tidak bertenaga & berotot besar hehe ( too slim, matbe )...atau memakai perangkat canggih seperti BM atau mixer kelas berat seperti Bosch, KA dan lain-lain...maklum beli terbeli ( mudah-mudahan suatu saat terbeli atau bisa dianggarkan ya ! ). Saya hanya menggunakan Hand Mikser merk Phillips dengan berat terigu 250 gr.

Roti ini saya buat pagi ini, difoto masih dalam keadaan fresh from oven dan pasti Hangaat... Resep seperti yang Ibu Fat punya ya... oya, 1 lagi saya tidak menggunakan BREAD IMPROVER ya...bisa dilihat di foto hasil tekstur roti tanpa Bread Improver ini.




Soft Bread NCC bf Fatmah Bahalwan

Bahan

Terigu Cakra 225 gr
Terigu segitiga 25 gr ( resep asli hanya 250 gr terigu cakra )
1/2 bungkus Fermipan
100 cc air es
2 butir telur utuh
50 gr gula pasir
50 gr margarin
1/2 sdt garam halus


Isian :
Meises secukupnya


Saya tidak menggunakan olesan apapun pada permukaan roti

Cara :

1. Campur bahan kering kecuali telur, air, garam & margarin
2. Tambahkan telur mixer dengan rata, tambahkan air es mixer hingga 1/2 kalis
3. Masukkan margarin & garam, mixer hingga kalis, saya menggunakan hand Mixer Phillips kurang lebih 20 menit sudah kalis menurut saya
4. Setelah kalis, bulatkan dan istirahatkan dengan ditutup serbet bersih. diamkan kurang lebih 30 menit/ sampai mengembang 2 kali lipat adonan awal
5.Kempiskan dan uleni gingga bulat kembali
6. Timbang adonan dengan cara dipotong bukan ditarik dengan tangan, masing-masing 20 gr. lakukan hingga adonan habis. diamkan hingga mengembang
7. ambil adonan kempiskan dan pipihkan, kemudian isi dengan meises secukupnya. bentuk bulat. lakukan hingga semua terisi dengan meises. Diamkan kembali hingga mengembang.
8. Siapkan oven dengan api atas bawah suhu 140 drj Celcius, setelah set suhunya masukkan loyang berisi roti. panggang kurang lebih 25 menit atau hingga kecoklatan matang.
9. Roti siap disajikan hanga-hangat...harum dan yummy...! ^_^




salam
Afi
www.enasaes-kitchen.blogspot.com
www.kyamicake.wordpress.com
FB : www.facebook.com/afikyami

No comments:

Post a Comment