Saturday, December 8, 2012

HONEY GLAZED WHOLEMEAL CINNAMON ROLL by Fari M

Dear NCCers,

Sudah lama berniat nyetor untuk NCCBW, tapi tidak pernah punya kesempatan. Akhirnya pagi hari ini harus disempatin laporan. Saya sampai pasang alarm supaya tidak lupa lagi :) happy

Cinnamon roll ini dulu sering saya buat untuk anak2, karena anak saya yang nomer dua picky eater dan dia suka ini (dan beberapa jenis roti yg lain). Tapi setelah di rumah ada newcomer yang berusia 13,5 bulan saya jarang menemukan waktu untuk baking dan bakulan pun terhenti. Tapi sewaktu saya membaca adanya Bread Week di sini, semangat saya pun naik kembali ke permukaan. Karena menurut saya bikin roti itu tidak senjlimet bikin cake, karena tidak perlu dihias2...hehe... Beberapa minggu ini sdh bikin ini tiga kali :)

Kenapa pilihannya jatuh pada tepung wholemeal (whole wheat)? Karena niat saya kembali baking sewaktu anak pertama saya lahir adalah untuk anak2. Karena itu saya mencoba mencari resep yang sesuai untuk konsumsi mereka. Cukup serat, tidak terlalu manis, dsb dsb. Bahan brownies pun saya buat dengan campuran wholemeal flour dan menjadi favorit kelularga dan teman2 yg pernah mencicipinya juga :x lovestruck

Resep aslinya saya dapat dari majalah Femina yang ketika itu bekerjasama dengan U.S. Wheat Associatese sebagai nara sumber. Saya tidak ingat majalahnya terbitan tahun berapa, tapi kl saya tidak salah awal tahun 2000-an. Yuk kita simak resepnya...
 


HONEY GLAZED WHOLEMEAL CINNAMON ROLL
(Judul aslinya: Honey Glazed Sunflower Cinnamon Roll)
Bahan:
400 g tepung terigu protein tinggi (sy pakai bread flour)
100 g tepung wholemeal Amerika
10 g ragi instan (sy pakai 1 sachet= 11g)
1 btr telur ayam utuh
3 sdm sirup maple (sy pakai madu)
100 g gula pasir
225g air es
75 g biji bunga matahari (sy skip)
1/2 sdt garam
75 g mentega (sy pakai canola oil)

Olesan:
50 g mentega
100 g gula palem (sy pakai brown sugar)
1 sdt kayumanis bubuk (sy bisa sampai 2-3 sdm)

Karamel:
50 g mentega
100 g madu
+/- 75 biji bunga matahari (sy skip)

* untuk olesan dan karamel saya tidak memakai takaran tertentu, secukupnya saja. Kalau kurang, bisa juga ditambahkan. Sebelumnya biarkan mentega dalam suhu ruang.
* saya suka menaburkan kismis/choc chip/kacang2an setelah diolesi/ditaburi mentega dan brown sugar, kemudian baru digulung.

Cara membuat:
1. Campurkan semua bahan, kecuali garam, aduk dengan kecepatan rendah seslama 5 menit.
2.masukkan garam, aduk lagi dengan kecepatan sedang selama 7 menit sampai kali elastis.
3. Istirahatkan adonan selama 10 menit. Rol tipis adonan, lalu poles dengan campuran gula palem dan kayumanis bubuk.
>> Di sini saya membagi dua adonan, karena ingin hasil yg tidak terlalu besar dan sesuai dengan kapasitas perut anak2 untuk sekali lahap :)
4. GUlung memanjang, potong sesuai ukuran yg diinginkan.
5. Susun potongan di dalam loyang yg sudah diolesi mentega (sy alasi dengan parchment paper), tutup dengan selembar plastik, diamkan +/- 45 menit atau sampai mengembang. Taburi gula palem (sy skip).
7. bakar dalam oven yang sudah dipanaskan 200 derajat Celcius selama +/- 15 menit. Setelah matang, keluaran dari oven dan olesi dengan campuran mentega dan madu. (sy suka menambahkan 2-3 menit di dalam oven setelah diolesi karamel)

Nikmat dijadikan teman minuman panas ataupun dingin. Selamat mencoba...;) wink


Salam, Fari

No comments:

Post a Comment