Saturday, December 8, 2012

Markouk a la Djeng Kamto

Dear Trio Peri yang baik hatiii...

Tak terasa sudah mau akhir pekan lagi yaaaa....
Pagi ini menjelang deadline NCC Bread Week saya kirimkan resep menu makan pagi saya hari ini. Yaitu roti Lebanon atau Markouk (Markook)  ...gak pa pa yaaa...sekali kali sarapannya agak kerennn hi hih i hi mosok tiap hari sayur lodeh dan telur dadarr :))
Yaa Markouk /Markook ini termasuk jenis roti (flatbread), bentuknya mirip mirip Chapati India tapi  Markouk biasanya lebih lebar/besar. Bedanya dengan Chapati mungkin hanya pada alat masak yang digunakan untuk membuat si Markouk ini. 

Kalau Chapati dibuat dengan menggunakan teflon datar atau wajan, sedangkan si Markook ini konon dibuat diatas alat masak khas Lebanon (berbentuk kubah seperti wajan terbalik, dan langsung terhubung dengan gas, saya juga baru melihatnya di Google images), dan si Markouk biasanya dibuat sesaat sebelum dimakan
Konon dinegeri asalnya Markouk ini biasa dimakan dengan Labneh (Labaneh sejenis youghurt yang dikentalkan ), atau bisa juga disajikan dengan sayuran.
Nhaa...berhubung disini nggak ada Labneh he he he saya makannya dengan hot mayonaise ...hmm enak juga :):)
Resepnya saya utak atik  dari maribland.blogspot.com (saya buat 1/4 resep), daaaaaaaan....saya menggunakan wajan alumunium diameter sekitar 25 Cm  yang dibalik : ): )....ini dia resepnya ala saya : 
 

Markouk :

1. Terigu protein sedang sekitar 240 gram
2. Air hangat kuku  100 mL (kurang lebih) 
3. Ragi 1 sendok teh munjung
4. Gula 1/2 sendok teh
5. Garam seujung sendok teh

Cara pembuatan : 

  1. Dari bahan diatas, (saya membuat biang ) ambil terigu 50 gram, ragi dan air 50 mL - campur jadi satu dan aduk dengan spatula - biarkan sekitar 1 jam
  2. Setelah satu jam campurkan garam, gula kedalam adonan biang sambil ditambahi air sedikit sedikit, dan terigu.
  3. Uleni dengan tangan diatas meja hingga kalis
  4. Bulatkan adonan , dan biarkan sekitar 40 menit agar adonan mengembang
  5. Setelah adonan mengembang, buang gasnya , bagi adonan menjadi 3 kira kira masing masing bagian beratnya 130 gram
  6. Ambil 1 adonan, lebarkan adonan dengan menggunakan rolling kayu, dan letakkan diatas wajan alumunium terbalik yang telah dioles margarin sedikiiiit - kira kira seujung sendok teh - yang diratakan dengan telunjuk)
  7. Lebarkan adonan sesuai ukuran wajan , dengan bantuan jari tangan heh eh harus sabarrr yaa biar nggak sobek
  8. Setelah menutupi bagian belakang wajan, panaskan wajan yang terbalik dengan adonan (yang telah dilebarkan ) diatasnya - kira kira 5 menit
  9. Setelah 5 menit, balikkan adonan dengan bantuan sutil kayu dan tangan hingga matang (jangan terlalu lama, karena adonan akan menjadi kerupuk/keras he heh e)
  10. Segera angkat adonan, dan berikan isian sayur , daging lembaran goreng , keju, telur  - bentuk/lipat Markouk  menyerupai segitiga, sajikan dengan hot mayonaise ......hmmmmmmmmm syedapppp



Salam Markouk
Mei Djeng Kamto - (Kediri)

No comments:

Post a Comment