Monday, December 10, 2012

Rokman Cokju by Silvi


Dear Peri roti nan kenes, dipenghujung gong penutupan saya serahkan kerjaan disore hari tadi this is it roti pertamaku, “Yeayyy I did it”, duuhh deg-degan yah kalo kerja di last minute kayak gini mana anak semata wayang lagi manja bener maunya mamanya semua hheh kok malah curhat, setelah sempet maju mundur dan bingung mo eksekusi resep yang mana , soalnya aku tuh ngga punya BM, ngga punya mixer yang canggih dan ngga punya LG, tapi kata hostnya kan keterbatasan ngga boleh mengurangi kita untuk berkreasi, setelah sebelumnya liat member NCC pake mixer merk miyako untuk bikin roti dan donut dan sempet japrian untuk mastiin akhirnya beneran deh nekatt tak pake mixer yang cuma atu itu sambil komat kamit biar ngga keluar asep heheha dan resepnya akhirnya pake punya mba rieni yang awal yang bulan lalu sempet rame dibahas di milis dan jadi asal mula diadakannya NCCBW, thanks to mba Rieni.
Bener deh resep ini enyak banget dan dipuji sama misua katanya enaaakkk *biasanya kl ngga enak dia ngga pernah comment :D, aku Cuma bikin 40% dari resep dibawah. Untuk memudahkan saya tuliskan resep 40% disamping resep aslinya.


Roti Manis Coklat Keju
by. mba Rieni (member NCC)

Bahan2 :
500 gr terigu cakra 
à200gr
3 btr kuning telur 
à2 butir
100 gr gula pasir 
à40gr
100 gr butter/margarine 
àsaya pakai mentega 40 gr
250 cc susu cairà saya pakai susu UHT 100gr
1 bks ragi instant (11 gr)
à4.4 gr
1 sdm susu bubuk –>1/2 sdm
1/2 sdt garam –>1/4 sdt

Cara membuatnya :
1. larutkan ragi dengan 2 sdm air hangat, tunggu sampai ragi mengembang lk 10 menit (cara ampuh untuk menghilangkan bau asem ragi pada roti).
2. bahan kering campur jadi satu kecuali garam, tambahkan telor, bahan cair, dan ragi yang sudah dilarutkan, uleni sampai kalis (pake mixer)
3. masukkan butter dan garam, uleni sampai elastis. diamkan kurleb 30 menit.
4. potong/bagi adonan @ 30 gr
giling tipis, isi dengan filling coklat keju, gulung / bentuk sesuka hati, untuk yang bulat saya letakkan diloyang muffin/cupcake yang sudah dioles margarine dan kreasi yang lain saya bentuk kepang, diamkan 60 mnt. (saya Cuma diamkan selama 30 menit sebelum dioven)
5. oles dengan campuran kuning telur + susu cair. (saya tidak pakai)
6. panggang dengan suhu 180 (oven panasin dulu ya..), 10 menit rak bawah, 5 menit rak atas. angkat, panas2 oles butter/margarine. (saya oles dengan madu)
7. Hasil jadi 13 pcs
untukk lebih detail dan pic step by stepnya bisa lihat di http://silverlov3.blogspot.com/2012/12/roti-manis-coklat-keju.html
salam roman cokju = roti manis coklat keju
*balik lagi ngelonin si bocah

Best Regards,
~ Silvi ~
By. Silver Cakes


Best Regards,
   ~  Silvi  ~

1 comment: