Monday, December 10, 2012

Roti boy lembut by Erna

hai para suhu roti yg baik hati
abg mau setor hasil praktek lagi ya?:D tersenyum lebar
kemaren sore anakku pulang sekolah membawa roti boy 3 bh katanya buat
mama coba rasanya:D tersenyum lebar karena aku sendiri memang belum pernah beli roti boy ( norak ya?)
karena anakku suka dgn roti boy, jadinya aku penasaran masak sih kaya gini aja ga bisa? (dlm hati deg degan juga jadi gak ya?)
bermodal nekat dan penasaran aku coba buka2 kamus roti akhirnya jatuh ke buku dgn judul ROTI MANIS & DONAT
karangan HARYANTO MAKMOER.
dari adonan itu aku bikin 3 macam isi yaitu roti boy,tuna keju dan daging asap. dan hasilnya rotinya begitu lembut dan enak
gak nyesel deh, dan berikut lampiran penampakan mentah dan matengnya
berikut resepnya:


1.000 gr tepung terigu protein tinggi ( aku pake 800 terigu protein tinggi dan 200 terigu protein sedang)
    15  gr ragi instan
      3  gr bread improver
  220  gr gula pasir
    30 gr  susu bubuk
    50 gr kuning telur
  100 gr telur ( klo aku pake 5 kuning telur aja)
  100 gr susu evaporated
  350 gr air es
    12 gr garam
  150 gr butter / margarine

CARA :
1.aduk semua bahan kering hingga tercampur rata.
2,kemudian masukkan telur,susu evaporated dan air aduk hingga menjadi gumpalan.
   lalu masukkan garam dan margarine aduk hingga kalis
3.diamkan adonan kurang lebih 30 menit.
   setelah itu tekan hingga gasnya hilang, timbang adonan sesuai keinginan ( aku pake 50 gr) bulatkan kemudian
  diamkan 15 menit.
4.setelah 15 menit isi adonan dan bentuk sesuai keinginan.
5. diamkan roti hingga mengembang kurang lebih 70 - 90 menit ( klo aku 55 menit krn di semarang udara cukup panas)
6. semprotkan topping melingkar seperti obat nyamuk diatas roti.
7.panggang dgn suhu 180 0C selama kurang lebih 12 menit.

 ISI:

 Butter beku potong kotak.

TOPPING :
200 gr butter
200 gr gula halus
200 gr telur 
     1 sdm kopi instan
1/2 sdm air panas
250 gr terigu protein rendah
  50 gr susu bubuk
    1 sdt coffee noir ( aku tambah)
CARA:

kocok butter,gula halus,masukkan telur satu persatu sambil di kocok.
masukkan kopi yg telah di larutkan dgn air panas aduk rata.
terakhir masukkan terigu aduk rata siap di semprotkan di atas roti.



salam roti manis

No comments:

Post a Comment