Sunday, December 9, 2012

Roti empuk aneka rasa by Santy

Assalamualaikum, selamat malam peri-peri roti..
Disaat-saat terakhir ini mudah-mudahan hasil karyaku masih bisa diterima di NCC Bread week ini..
Sebenarnya membuat roti bukan hal yang pertama kali buat aku.. Cuma.. 2 kali mencoba membuat brioche untuk NCCBW, selalu gagal.. Yang kedua malah lebih parah.. Makanya tadi pagi.. Ditengah-tengah menyiapkan orderan..
Aku sempatkan buat roti yang seperti biasa dibuat aja deh... Yang sudah pasti enak, empuk, lembut.. Dan buat anak2ku rasanya lebih enak dari bakery terkenal katanya..:D
Untuk variasinya aku buat isi coklat, topping abon dan sosis.
Aku cuma berharap dapet bagdenya yang keren aja deh..
Buat bu fatmah, terimakasih resepnya..

Roti Empuk / SOFT BREAD
:: Penulis : Fatmah Bahalwan
 
Bahan :
500 gr  tepung terigu protein tinggi
100 gr  gula
100 gr  mentega (aku pake BOS)
11 gr    ragi instant
½ sdt    bread improver
4 btr     kuning telor
300 ml  air es
½ sdt    garam
1 sdm susu bubuk (aku tambahin sendiri)

Cara membuat:

Campur semua bahan kering, kecuali garam, aduk rata
Masukkan air 200ml dan telur, aduk dan uleni sampai rata.
Masukkan mentega dan garam, uleni lagi sampai kalis elastis.
Adonan siap dibentuk-bentuk. (Aku timbang masing2 50 gram)
Diamkan adonan hingga mengembang 2 kali, lalu oven hingga matang.

Catatan: sisa air 100ml buat jaga-jaga aja kalau  adonan kurang lembek tambahkan sedikit demi sedikit.


 santy
http://rumahkuesalwa.multiply.com

No comments:

Post a Comment