Friday, December 7, 2012

Roti Manis by Pipih Sopiah

Selamat Malam peri-peri roti yang baik hati..

menjelang detik-detik terakhir even bread week NCC kali ini, akhirnya berhasil menyingsingkan lengan baju untuk membuat roti manis demi untuk mendapatkan badge ncc bread week yang keren itu...

roti manis yang sy bikin kali ini masih tetap memakai  resepnya mba Rieni yang anti gagal, hanya saja untuk raginya saya memberdayakan otentic dolce dari puratos dan tepungnya pake tepung ala BT yang saya beli tapi belum sempat dipakai.  adonan roti saya uleni dengan memakai bread maker alami anugrah sang pencipta alias LG dengan bantuan tenaga dalam he..he..karena keburu pegel, saya menguleninya tidak sampai elastis benar, mungkin baru 85 % elastis
setelah dibandingkan dengan yang pake ragi instan biasa , memakai otentic dolce hasilnya memng didapat roti yang lebih empuk (klo enaknya sih sama saja) dan berhubung belum mahir membentuknya, maka seperti biasa bentuk roti yang saya bikin masih standar aja bulet bulet (kayak yng bikin hihi) sama dibikin roti sobek yang dicetak dengan loyang tulban. hsilnya rotinya mengembang empuk menul-menul, saking empuknya sampai susah buat dipotong untuk bisa lihat seratnya.



berikut ini resep roti yang saya pakai:

roti manis

Resep mba Rieni

Modifikasi : Pipih Siti Sopiah

Bahan :
500 gr terigu cakra (saya pakai tepung ala BT)
3 btr kuning telur
100 gr gula pasir
100 gr butter/margarine
250 cc air dingin
1 bks ragi instant (11 gr) (saya 40 gram otentic Dolce)
1 sdm susu bubuk ( saya 27 gram susu bubuk)
1/2 sdt garam


Caranya : .
bahan kering campur jadi satu kecuali garam, tambahkan bahan cair dan, uleni sampai kalis
masukkan butter dan garam, uleni sampai elastis.
diamkan kurleb 30 menit.
potong/bagi adonan @ 30 gr (saya @ 40gr)
bentuk sesuka hati, (saya bentuk bulat, disimpan diloyang kue kering  dan loyang tulban yang sudah dioles margarin)
diamkan 60 menit
oles dengan campuran kuning telur + susu cair.
panggang dengan suhu 180 (oven panasin dulu ya..), (saya pake otang, ga tau suhu berapa, diangkat ketika permukaan roti udah agak kecoklatan)
angkat, panas2 oles butter/margarine


Terima kasih

No comments:

Post a Comment