Friday, December 7, 2012

Roti Tawar Panda by Cindyani Winata

Hari ini Kamis tgl 6 Desember 2012 coba bikin roti lagi, ini roti yang kedua (roti yang pertama belom sukses masuk ke seleksi NCC bread week, jadinya harus usaha lagi biar masuk hehehe)
Roti Tawar Panda, resep asli roti tawar panda ini dari website asia yang nama nya TARO TARO, kemudian di translate ke bahasa inggris sama perfectpandas.com
Hasilnya roti tawar dengan motif Panda (agak sedikit pahit karena rasa dari Green tea dan coklat bubuknya) tapi oke motif nya, krn roti tawar jadi harus dikasih selai atau gula halus pas makannya biar + enak.




resepnya:
230gr tepung terigu protein tinggi
70gr tepung terigu protein sedang
30gr Gula pasir
1 kuning telor + susu cair (totalnya 210gr)
4.5gr garam
20gr mentega tawar
4gr ragi instant
8gr bubuk green tea di larutkan ke 10gr air panas
8gr bubuk coklat di larutkan ke 8gr air panas


Metode:
1. 1 kuning telor + susu cair dipanaskan di kompor sampai 38 derajat celsius
2a. kalo dengan mesin,masukin semua bahan kecuali garam dan mentega tawar, adon hingga kalis, baru + mentega dan garam, adon lagi.
2b. kalo manual (semua bahan kering dicampur rata, setelah rata, tengah-tengah adonan kering dibolongin lalu masukan adonan susu ke dalamnya + mentega tawar. di ulenin sampai adonan menjadi kalis kurleb 10 menit)
3. Adonan dibagi 3 (75gr utk warna coklat, 210gr plain, dan sisanya warna green tea) diulenin ya untuk warna coklat dan green tea nya manual.
4. lalu adonan ditaruh ke tiga tempat terus ditutup dgn plastic wrap, taruh di tempat hangat sampai adonan mengembang kurleb 30-40menit
5. Lalu adonan nya di punch (alias di tinju hehehe) untuk mengeluarkan udara dr adonan, lalu dibiarkan lagi sampai mengembang kurleb 20-30 menit

6. adonan putih dibagi 3 (untuk bagian muka kira2 90gr, pembatas antara mata 30gr dan untuk melingkari muka panda sisanya)
7. adonan coklat dibagi 4 sama rata (untuk mata dan telinga)
8. adonan green tea dibagi 2 (untuk pembatas antara telinga 70gr dan untuk melingkari semua nya sisanya)
9. lalu taruh di loyang ukuran 24x10x7cm (resep aslinya loyang ukuran 20x10x10cm), jadinya punya saya agak kurang bahannya, untung masih bisa oke hasilnya :)
10. lalu panggang 180 derajat celsius selama kurleb 25-30menit
Semoga penjelasannya dapat dimengerti, makasih


Salam Roti
-cindy-
Kanaka's cake

No comments:

Post a Comment