Saturday, December 8, 2012

Roti sobek tiga rasa by Adhi Kusumastuti

Dear Host,
Ikutan breadweek boleh yaaa
Kali ini membuat roti sobek dengan mengadopsi roti kelapa-nya bu Fatmah.
Dibikin mendadak tadi pagi, jadi disesuaikan dengan ketersediaan bahan. Benar2 pas :)
Isinya juga menyesuaikan dengan isi kulkas, kebetulan ada meises, abon, dan selai bluberry :)
Yang isi coklat saya beri sedikit meises di atasnya, yang isi abon saya tabur wijen. Yang toppingnya plain adalah isi selai.
Saya membuat 1/2 resep, dengan loyang kotak 18x18 cm, dapat 10 bulatan.
 

Roti sobek tiga rasa, adopted from Roti kelapa by Fatmah Bahalwan

Bahan
250 g terigu protein tinggi --> saya memakai terigu tali emas
50 g mentega putih --> saya memakai salted margarine 
50 g gula
2 kuning telur
6 g ragi instant
1/2 sdt bread improver --> saya nggak pakai
110 ml air es

Bahan polesan, kocok rata:
1 kuning telur
1 sdm susu

Cara membuat:
1. Campur terigu, ragi, dan gula hingga rata
2. Masukkan kuning telur dan air es sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga kalis --> saya menggunakan mixer dengan kecepatan tinggi
3. Masukkan margarine, lanjutkan menguleni hingga kalis&elastis --> saya menggunakan mixer dengan kecepatan tinggi
4. Diamkan adonan hingga mengembang 2x
5. Kempiskan adonan, bagi adonan @50 g, isi, rapatkan.
6. Tata diatas loyang yang sudah dipoles mentega, diamkan 15 menit
7. Poles roti dengan bahan polesan, panggang dalam oven selama lk. 30 menit atau hingga matang. 
8. Keluarkan dari oven, poles lagi dengan butter. Sajikan.


Salam,
Niek :)

No comments:

Post a Comment