Thursday, December 6, 2012

Roti Ubi Ungu a la Cindy


Selamat sore semuanya,
baru kali ini saya ikutan kegiatan NCC, pas nya di rumah ada sisa ubi ungu, daripada sayang kebuang lebih baik saya gunakan, kebetulan lihat di NCC lagi ada program NCC bread week. Coba ah google resep, ketemu resep roti ubi ungu nya mbak Widya, mohon ijin untuk copas resepnya ya mbak :)
resepnya saya modif sedikit
 
Roti Ubi Ungu

Bahan:

400gram Tepung Terigu Protein Tinggi (saya pakai 500gr)
100gram Tepung Terigu Protein Sedang (tidak saya pakai)

150gram Ubi Ungu Kukus haluskan dg 150ml air (saya pakai 180gram karena suka dengan manis nya ubi ungu)
8gram Ragi instant
50gram Gula Pasir
200ml air dingin (saya ganti dengan susu UHT)
50gram unsalted butter
1sdt garam (sy pakai sedikit saja)

Bahan Olesan (aduk rata)
1 kuning telur
1sdm non dairy whipcream (saya pakai susu UHT)

filling: 
Keju, DCC.

Cara membuat:
1. Campur tepung terigu, ubi ungu, ragi instant, dan gula pasir. Aduk rata.
2. Tuang susu dingin sedikit demi sedikit sambil terus diuleni smp kalis.
3. Masukkan mentega putih unsalted butter dan garam. Uleni sampai elastis. Diamkan 30 menit. Kempiskan adonan. 
4. Timbang masing-masing 100gram (saya kira-kira saja). Bulatkan, diamkan 10menit. Giling lalu saya taruh filling nya keju atau DCC, baru abis itu digulung.
5. Letakkan di loyang 24x10x7cm yang sdh dioles margarine dan dialasi
kertas roti, dg masing2 loyang berisi 5buah adonan (1loyang saya dpt 6buah adonan). sisanya saya bikin roti satuan Diamkan 75menit smp mengembang.
6. Oleskan bahan olesan.
7. Oven dg api bawah suhu 180dC selama 30menit sampai matang.

hasilnya roti yang empuk tanpa pakai pelembut roti. 
-cindy- Kanaka's cake

No comments:

Post a Comment