Thursday, December 6, 2012

Water Roux by Nath at Babytown Cakes

Dear peri2 roti,

Awalnya laporan sudah saya ketik di notebook dalam file word, tetapi gagal terus saat attach file gambar roti (58kb). Jadi terpaksa via bb saja.
Semoga lolos dan dapat badge.
Terima kasih.
 
Halo peri-peri roti yang baik hati…

Akhirnya di saat-saat terakhir saya berkesempatan juga untuk ikut serta dalam event bread week ini. Beberapa kali ada pesanan roti, tapi setiap kali saya buat kok jumlahnya pas-pasan, paling lebih 1. Hehehe.. Kebetulan ada orderan opera cake, ada sisa kuning telur, dipikir-pikir mau dibuat apa ya.. Akhirnya ingat untuk buat roti saja, bisa untuk bekal anak sekolah daaannn sekalian laporan biar bisa dapat badge dong. Hohohoho.

Karena tidak ada persiapan, akhirnya buat roti yang seperti biasa saya buat saja yaitu dengan metode water roux. Hanya bedanya kali ini saya isi sebagian dengan cream cheese sisanya dengan dcc parut.

Berikut resepnya.
Water roux:
- 50gr tepung terigu protein tinggi
- 250ml air

Bahan:
- 400gr tepung terigu protein tinggi
- 200gr tepung terigu protein sedang
- 125gr gula pasir
- 2sdm susu bubuk full cream
- 1 btr telur + 1 kuning telur
- 10gr ragi instant
- 200gr water roux
- 175-200ml air hangat
- 75gr margarine
- 1sdt garam

Cara pembuatan.
-Water roux:
Dalam panci campur air dan tepung terigu. Aduk rata sampai halus dan tidak bergerindil. Masak dengan api sedang sampai kental. Jangan sampai mendidih. Sisihkan hingga dingin.
-Roti:
Tuang semua bahan kering kecuali margarine dan garam ke dalam mixer. Masukkan campuran water roux, air dan telur ke dalamnya. Mixer hingga kalis. Tambahkan margarine dan garam lalu mixer hingga elastis.
Tutup adonan dengan plastic wrap dan diamkan hingga mengembang 2x lipat. Timbang adonan @ 50gr, bentuk dan isi sesuai selera. Diamkan lagi kurang lebih 45 menit. Olesi dengan kuning telur dan susu air. Panggang dalam oven hingga kuning keemasan.
 
Regards,
Nath

No comments:

Post a Comment