Friday, November 30, 2012

Bapao Mini Empuk by Yanti Abadi

Hallow peri-peri roti nan cantik...

    ABG mau ikutan nyetor  laporan nih. Pengen bikin "sesuatu" (gaya syahrini.com) yang sesuai dengan cuaca di Jakarta yang saat ini sedang dilanda hujan badai, hmmm kayaknya bikin bakpao yang hangat-hangat cucok deh. Langsung buka-buka inet dapet resep dari webnya Ayu's Kitchen yang ngasih testimoni kalo resep bakpaonya menghasilkan bakpao empuk seperti yang dijual abang-abang gerobak bakpao. Yo wes dicoba ah.....
    Metodenya diuleni pake Concerto. Waktu pertama kali menggunakan alat ini sempet desperate karena ngulenin adonan koq ga kalis-kalis.. sampe minta bantuan suami dan anak-anak buat puter engkolnya. Sampai 2 jam adonan masih begitu-begitu aja, akhirnya adonan dikeluarin diulenin deh pake LG alias Lengan Gw sendiri. Hu hu hu pengen nangis rasanya..pegelnya sampe 2 hari... Sekarang aku sudah tahu bagaimana menaklukan si Concerto ini. Ha ha ha...aku sudah tahu rahasiamu (gaya lebay)....
    Back to the story..Dari pagi sudah disiapin bahan-bahannya tapi teteup aja ngerjainnya siang-siang coz ibu rumah tangga tanpa art mesti beresin urusan rumah, masak dan anak2. Waktu si kecil bobo siang, mulailah adonan dikerjakan dan dikerjakan dengan bantuan Concerto. Putar-putar pake speed Fast dan Low sambil nonton Naruto di TV (wihh ga mau kalah sama anaknya nih). Selesai ngadon sekitar 35-40 menit lalu diistirahatkan. Adonannya ga lengket dan gampang dibentuk. Profingnya lumayan lama sampai 2 jam, bisa disambi sambil ngerjain pekerjaan rumah yang belum beres.
    Pada batch pertama adonan bakpao diisi coklat, tapi hasilnya ternyata ga empuk. Pada batch kedua dan selanjutnya..adonan yg akan diberi isian diuleni dulu sebentar, lalu diisi dan didiamkan lagi sampai agak mengembang (sekitar 20 menit) trus dikukus deh. Nah ini baru jadi bakpao yang empuk menul-menul. Karena tidak pakai pemutih dan shorteningnya diganti margarin, maka warna bakpao tidak putih seperti bakpao yang banyak dijual orang. Ada beberapa bakpao yang masih sisa lalu disimpan dikulkas, sampai tiga hari saat dihangatkan lagi/dikukus rasanya masih enak dan empuk.

Nah yang mau nyoba di bawah ini resepnya ya:

BAKPAO MINI EMPUK by Yanti Abadi
Sumber : Ayu's Kitchen dimodifikasi sedikit

Bahan-bahan :
6 cangkir (600 gr) Terigu Serbaguna ----> aku pakai Kunci Biru
1 3/4 cangkir      Air hangat               ----> aku pakai 350 ml
1 -2 sdm            Gula Pasir               ----> aku 2 sdm
     1 sdm            Ragi Instan
     1 sdm            Baking Powder       ----> aku pakai BPDA
     2 sdm            Shortening/Margarin (jangan mentega) ----> aku pakai margarin

Cara Membuat :
1. Siapkan bowl untuk air hangatnya, masukkan gula pasir lalu aduk sampai gula larut. Masukkan ragi instan, aduk rata. Diamkan 10 menit sampai berbusa dan naik.
2. Siapkan wadah yang lebih besar, masukkan tepung dan BP. Pelan-pelan tuang adonan ragi ke campuran tepung. Aduk pelan lalu tambahkan shortening/margarin. Aduk sampai tercampur rata. Sisihkan.
3. Siapkan Concerto, pasang alat pengaduk dough. Masukkan adonan tadi. Tutup Concerto dan mulailah memutar engkolnya. Alat ini punya 2 speed, mau yang Low ato Fast. Pada pilihan Low, putaran engkol agak ringan tapi menguleninya jadi agak lama, sedang pada pilihan Fast menguleni adonan bisa lebih cepat tapi lebih berat. Kalo aku pake dua-duanya. Pertama pake yang Fast, tapi kalo sudah capek ya pindahin engkolnya ke Low, kalo tenaganya dah balik lagi pindah ke Fast. Begitu terus...sampai kalis. Kemarin dah ngitung-ngitung adonan sudah cukup kalis elastis kira-kira 35 -40 menit.
4. Tutup adonan dengan kain kering selama 2 jam.
5. Siapkan kertas roti, potong segiempat sesuai ukuran bakpao.
6. Siapkan dandang, bungkus tutupnya dengan kain kering supaya air tidak menetes ke bakpao.
7. Siapkan isi. Untuk isiannya aku menyiapkan 3 macam, meses coklat, ayam dan unti.
8. Siapkan permukaan yang datar, beri taburan tepung. Ambil adonan, timbang 30-40 gram, bulatkan, diamkan 10 menit. Pipihkan adonan sambil sedikit diuleni lalu di beri isi, bulatkan lagi/bentuk sesuai selera, lalu diamkan lagi 20 menit.
9. Kukus selama 20 menit dalam dandang panas sampai matang.
10. Sajikan hangat.

Hasil : 25 buah bakpao mini

Isian Bakpao
Bakpao Ayam : 
Bahan :    100 gr ayam cincang
                    1 batang daun bawang, iris tipis
                    1 siung bawang putih, haluskan
                    1 sdt kecap asin
                    2 sdm kecap manis
                    1 sdt saus tiram
                    sedikit garam, gula dan lada
                    air secukupnya
                    larutan tepung sagu untuk mengentalkan
    Cara : Tumis bawang putih sampai harum lalu masukkan ayam cincang, aduk sampai ayam berubah warna, beri semua bumbu dan air. masak sampai ayam empuk dan air berkurang. Lalu kentalkan dengan larutan tepung sagu. Dinginkan.

Bakpao Unti
Bahan :    1/2 btr kelapa parut
               150 gr gula merah, disisir
                  2 lbr daun pandan
                100 ml air     
 Cara : Masak semua bahan dengan api kecil sambil sesekali diaduk sampai unti agak mengering. 

No comments:

Post a Comment