Thursday, November 29, 2012

Bluder Keju a la Yulia Cahyaningrum

Selamat Malam....

Demi mendapatkan badge ncc breadweek, setelah melihat banyak resep, akhirnya pilihan jatuh ke resep ini.
Kali ini, saya membuat 1/2 resep saja. Adonan saya uleni memakai hand mixer, kecuali proses mencampur bahan kering dengan bahan biang. Pada tahap ini saya uleni dengan tangan.

Pada proses no 4, karena kurang sabar, saya masukkan semua kuning telur kocok ke dalam adonan terigu, akibatnya adonan menjadi terlalu lembek (menurut saya). Akhirnya saya tambahkan 1 sdm terigu. Sesudah masuk mentega dan garam, adonan bisa elastis (menurut saya lagi) namun masih lengket ditangan. Akibatnya, proses no 7 tidak bisa saya lakukan. Saya hanya membungkus keju easymelt dengan adonan roti, lalu saya masukkan ke papercup. Saya teruskan saja prosesnya sampai akhirnya di oven.


Hasil akhir rotinya lembut ringan. Namun sayang, bawahnya sedikit gosong. Not bad lah buat saya yang tidak pede membuat roti. Dan yang paling penting, dari 1/2 resep yang menghasilkan 9 cup roti, 3 roti langsung dilahab habis oleh anak saya. Alhamdulillah. 

Untuk membuat bluder cokelat, pada adonan ditambahkan 1/2 sdt pasta coklat, dan isian diganti dengan 150 gr DCC dan 50 ml krim kental yang dipanaskan dan di aduk rata, kemudian didingankan, dibentuk bulat  dan didinginkan di lemari es.

Bluder Keju


original recipe by Majalah Sedap (Bluder Cokelat)

Bahan biang:
250 gr tepung terigu protein tinggi
2 gr (1/2 sdt) ragi instan
170 ml air es

Bahan:
75 gr tepung terigu protein tinggi
75 gr tepung terigu protein sedang
3 gr (3/4 sdt) ragi instan
25 gr susu bubuk
100 gr kuning telur
120 gr gula pasir
25 ml air es
100 gr mentega tawar
1 sdt garam

Bahan Isi:
180 gr keju easy melt, potong jadi 18

Bahan topping:

Susu cair
Keju cheddar parut

Cara membuat:
1. Biang: campur tepung terigu dan ragi instan. Tambahkan air es sedikit-sedikit. Uleni sampai kalis. Diamkan 1 jam di suhu ruang dan 1 jam di dalam lemari es.
2. Kocok kuning telur dan gula pasir asal gula larut (sekitar 3 menit).
3. Campur terigu protein tinggi, terigu protein sedang, ragi instan, dan susu bubuk. Aduk rata. Masukkan biang, Uleni rata.
4. Masukkan kuning telur dan gula yang sudah dikocok dan air es sedikit-sedikit. Uleni sampai kalis.
5. Masukkan mentega tawar dan garam. Uleni sampai elastis. Diamkan 45 menit sampai mengembang.
6. Timbang masing-masing adonan 50 gr, bentuk bulat, diamkan 10 menit.
7. Pipihkan adonan. Tarik memanjang, lipat, tarik memanjang, lipat. Pipihkan, beri isi.
8. Masukkan ke dalam papercup. Biarkan 150 menit sampai mengembang di bibir papercup.
9. Oven 180 derajat Celsius, selama 15 menit dengan api bawah.

No comments:

Post a Comment