Thursday, November 29, 2012

Crusty Roll by Wina Amir

Allow teman-teman... Ikutan setor ahh...

Setelah beberapa kali sempet bikin roti dan bakpau namun ga sempet difoto karena sudah keburu habis. Akhirnya membulatkan tekad untuk bikin roti supaya bisa dapet badge nya donggg...


Udah lama punya buku Roti - Teori & Resep Internasional by Manfred Lange & Bogasari Baking Center


Sering banget dibaca karena banyak info bagus disitu. Lembarannya sampe udah pd lepas saking sering dibaca, tapi terus terang untuk prakteknya jarang pake resep disitu karena takarannya minimal 1kg tepung bahkan ada yg 2 kg.


2 hari yg lalu milih-milih resep akhirnya pilihan jatuh ke "Crusty Roll". Mungkin jenisnya masuk ke dinner roll tp kulitnya renyah nih. Cara menyantap : sobek roti dan oles mentega atau cocol ke dalam minyak zaitun


Untuk percobaan pertama ini lumayan sih hahaha.... Tekstur padat karena ragi yang digunakan pun untuk 1kg tepung cuma 15 g ragi.


Saya bikinnya 1/2 resep aja, lalu adonan ditimbang per 30g krn kl 50g pasti anak2 bilang kegedean.


Di resep ada pemakaian bread improver, saya ga pake karena lupa (baru sadar pas ngetik resep ini). Lalu step membuat garis melintang di roti juga kelupaaan hahaha.... gara-gara waktu mau dioven berbarengan dengan saat menyiapkan makan malam.


Dan inilah hasilnya, berikut resep


Crusty Roll

Source : Roti - Teori & Resep Internasional (Manfred Lange & Bogasari Baking Center)

Bahan :

1000 g tepung terigu protein tinggi
15 g ragi instan
20 g garam
20 g mentega
2 g bread improver
620 ml air es

Topping :

2 g havermut
2 g tepung semolina (diganti poppy seed)

Cara :

1. Campur bahan kering ke dalam mikser, lalu masukkan air, aduk selama 2 menit dengan kecepatan 1. Matikan mikser masukkan mentega dan garam, aduk dengan kecepatan 2 hingga adonan kalis. Diamkan selama 5 menit.

2. Timbang adonan masing-masing 50 g, lalu bulatkan. Diamkan lagi selama 10 menit. Kempiskan adonan, lalu bentuk sebagian adonan menjadi bulat dan sisanya menjadi lonjong.


3. Ambil adonan bulat, tempelkan satu sisi ke serbet basah, lalu tempelkan sisi yang basah tsb ke havermout. Lakukan hal yang sama untuk adonan lonjong, tapi tempelkan sisi yang basah ke tepung semolina. Taruh diatas loyang. Lakukan hingga adonan habis.


4. Biarkan adonan mengembang selama 60 menit. Buat garis melintang di atas adonan bulat dan tiga garis miring diatas adonan lonjong.


5. Masukkan loyang ke oven yang sudah dipanaskan pada suhu 230 derajat selama 30 menit hingga roti matang.

Regards,
Wina Amir

No comments:

Post a Comment