Sunday, November 18, 2012

Christmas Stollen Bread by Anastasia Krisnawati

Dear ibu ibu Host NCCBW,

Setelah soft bread dan danish pastry, masih dalam rangka NCC Bread Week dan menjelang Natal, sudah beberapa hari ingin mencoba Christmas Bread.
Dan yang sekarang ingin dicoba adalah Christmas Stollen Bread.


Saya kutip sejarah roti ini di bawah.

The History of Stollen Bread - http://www.stollenbread.com/stollenbread/stollenhistory.html
Stollen or Christstollen is a tradition dating back to 14th century Germany.
Germans baked stollen loaves at Christmas to honor princes and church dignitaries, and to sell at fairs and festivals for holiday celebrations.
Early stollen loaves were made as bread without milk or butter because the Catholic church did not allow these ingredients during advent.  In the mid 17th century, a papal proclamation allowed stollen bakers to add milk and butter, resulting in a similar recipe to the one we bake today at Reimer's.
Our favorite legend pertaining to Stollen Bread is that the hump on our loaves, represents the humps of the camels that carried gifts to the Christ Child on the first Christmas.  The candied fruits and raisins represent the precious jewels and gifts in the camel's packs.


Sekarang mulai timbang-timbang.
Resep Christmas Stollen saya ambil dari buku Terampil Membuat Cake & Pastry dari Yasa Boga.
Sedang resep marzipan saya ambil Resep Homemade Marzipan by Afi yang saya temukan di arsip NCC (mohon ijin ya mbak)


Christmas Stollen

BAHAN:
500 gr tepung terigu (saya 250 gr tepung terigu protein tinggi, 250 gr protein sedang)
50 gr gula kastor
1,5 sdm ragi
1 butir telur
175 ml susu
200 gr mentega
0,5 sdt kayumanis
0,5 sdt kapulaga (saya skip, tidak punya)
sedikit garam

BAHAN ISI
150 gr kismis - rendam air panas
3 sdm rhum (saya tidak pakai)
100 gr almond cincang - saya tidak pakai, saya ganti plum dan cery merah
150 gr marzipan - saya pakai 200 gr marzipan, saya bagi untuk 2 roti




BAHAN OLES
50 gr mentega cair
50 gr gula halus




CARA MEMBUAT
- campur bahan kering, telur dan susu, mixer sampai tercampur rata
- tambahkan mentega, kayumanis dan garam, mixer lagi sampai kalis
- masukkan kismis, cery merah dan plum sampai tercampur rata
- adonan yang kalis, fermentasikan kira-kira 30 - 45 menit
- kempiskan adonan, lalu saya bagi 2
- gilas adonan, dan letakkan marzipan yang sudah dibentuk seperti susis
- gulung adonan, sehingga marzipan ada di dalamnya, tetapi jangan sampai habis, harus ada sisi sedikit (ini saya salah, karena hanya menutup tidak menggulung, sehingga marzipan setengah terlihat, tetapi tetap saja enak he he he he   *_^)
- fermentasikan sebentar 20-an menit
- oven dengan suhu 190 C selama 35 menit
- keluarkan roti dari oven dan oles dengan mentega cair selagi panas lalu taburi dengan gula halus.

- Catatan : dinginkan roti, bungkus alumunium foil, masukkan ke lemari es. Roti ini enak dinikmati kurang lebih 2 minggu . ==> he he he , yang ini belum bisa cerita, soalnya baru sekali ini buat


Marzipan

BAHAN
150 gr almond bubuk
150 gr gula halus
1 putih telur
1 sdt air jeruk lemon

CARA MEMBUAT
- campur almond bubuk dan gula halus
- aduk dengan putih telur dengan sendok kayu
- masukkan air jeruk dan aduk lagi sampai rata
- masukkan ke lemari es, supaya set

No comments:

Post a Comment