Friday, November 23, 2012

Coffee Babka by Caya

Dear Peri Roti,

Berawal dari kekecewaanku gak dpt ijin pergi ke interfood, aku masuk dapur biar sedihnya gak berlarut-larut, kepikiran aja kalo banting2 adonan seru kali ya buat pelampiasan kecewa #lebay bener yak#.

Buka-buka buku resep ketemulah resep coffee babka ini, penasaran gak tau artinya, googling deh :) dan menurut wikipedia "Babka is a spongy, brioche-like yeast cake made mainly in Eastern Europe. It is traditionally baked for Easter Sunday in Poland, Bulgaria, Macedonia, and Albania, and for the major holidays (Christmas, Easter, New Year, Pentecost) in Romania. Traditionally it does not have any filling, and is glazed with a vanilla- or chocolate-flavored icing and decorated with almonds or candied fruit, sometimes with rum added."

Maafkan kalo fotonya seadanya, selain memang belum bisa jepret dengan baik dan benar, babkanya matang saat mati lampu dan sudah malam, difoto dengan bantuan emergency lamp dan ada dua anak yang sudah gak sabar mau menyantapnya  #btw, ternyata kalo lagi "bete" jadi makin kuat loh ngulenin adonan hahaha padahal pake LG :p#


Coffee Babka
by: Yasa Boga

Bahan I #campur dan remas sampai jadi butiran kecil-kecil#
250 gr  tepung cakra
100 gr tepung serbaguna
1 sachet fermipan
100 gr gula pasir
25 gr susu bubuk
75 gr mentega

Bahan II #kocok pakai garpu#
1 butir telur
1 butir kuning telur

100 cc air
25 gr mente cincang

Bahan Isi #ditim diatas air panas#
1 sdm kopi instan
50 gr cooking chocolate
75 gr gula pasir
1 sdm mentega

Cara Membuat:
1.Masukkan bahan II ke bahan I,tuangi air sambil diuleni sampai tidak melekat. Bulatkan,tutup dengan plastik, diamkan selama 1jam.
2. Tekan-tekan dan balik adonan sampai kempis, diamkan 15 menit sampai naik lagi.
3. Giling setebal 1 cm, olesi permukaan dengan bahan isi,taburi kacang. Gulung dan sambung. Taruh dalam loyang yang sudah diolesi margarin. Potong-potong bagian luar lingkaran, tapi tidak sampai putus dengan jarak +/- 3cm. Putar sedikit tiap irisan hingga terlihat lingkaran coklatnya. Diamkan 45 menit.
4. Olesi kuning telur, panggang dalam oven panas 200C selama 25 menit sampai matang.

Cheers,
Caya
#berharap msh ada keajaiban diijinin pergi ke Interfood#

No comments:

Post a Comment