Tuesday, November 20, 2012

Donat Kentang by Aniverdiyanti

Dear host,

Walaupun kemarin-kemarin sudah lihat beberapa laporan yang sama di event Bread Week ini namun karena anak perempuan saya yang berumur 4 tahun sering minta dibelikan Donat Kentang jika lihat ada yang jual di mall/supermarket, maka saya tetap coba resep yang diambil dari website NCC ini. Bagian tengah saya manfaatkan juga menjadi Sate Donat, nah ternyata malah anak saya lebih nafsu makan yang berbentuk sate, Hehehe...



Donat Kentang
:: Penulis : Fatmah Bahalwan

Bahan:
500 gr tepung terigu protein tinggi
50 gr susu bubuk
11 gr ragi instant
200 gr kentang, kukus, haluskan dan dinginkan (Saya blender dengan bahan 100ml air dibawah)
100 gr gula pasir
75 gr mentega
½ sdt garam
4 btr kuning telur
100 ml air dingin

Cara membuatnya:
1. Dalam wadah, campur tepung terigu, gula, susu bubuk, ragi instant, aduk
rata, masukkan kentang halus ,tuang telur dan air dingin, uleni hingga rata
dan setengah kalis.
2. Beri mentega dan garam, uleni terus hingga kalis elastis. Istirahatkan 15
menit.
3. Bagi adonan, masing-masing 50 gr, bulatkan. Diamkan 20 menit, hingga
mengembang.
4. Lubangi tengahnya, menjadi bentuk donat, segera goreng sampai kuning
kecoklatan.
5. Angkat, tiriskan. Taburi gula donat, atau hias dengan coklat.



Ani Cibinong

No comments:

Post a Comment