Tuesday, November 13, 2012

Grissini by Daniar

Selamat siang semuanya ....
Mau laporan kembali untuk NCCBW,  Grissini yang aslinya dari Itali, roti seukuran  pencil  yg  crispy , cocok sekali  buat snack kala kita dapat waktu santai setelah sibuk dengan urusan rumah dengan  sekedar duduk depan TV setengah jam menikmati drama korea kegemaran ( tetep )  :-) atau sambil membaca buku kesukaan.
Di sebagian restoran Grissini ini biasa disajikan disaat kita menunggu pesanan kita selesai dimasak, sausnya bisa guacamole, yaitu saus campuran dari alpukat, sourcream dan lemon juice, atau campuran olive oil dengan bawang putih, berhubung di sini sulit sekali mendapatkan alpukat, jadinya saya bikin saus dengan bahan yg ada saja, seperti saus untuk campuran potato salad yg biasa saya bikin, yaitu campuran mayones dan plain yogurt tambahkan sedikit garam dan black pepper tambahkan juga irisan daun seledri, rasanya segar ditambah aroma seledri.
Dan kebetulan juga ada sisa bumbu gulai kerang, yang ternyata enak juga buat cocolan :-]
Untuk laporan ke dua ini, masih  memakai cara LG seperti yg ramai dibahas disini,   bukannya tidak mensyukuri  dengan BM atau mikser yg ada, cuma 250 gram tepung ko,  untuk menguleni adonan ini pun tidak butuh waktu lama 10-15 menit pun sudah kalis, kemudian istirahatkan selama 15 menit sampai mengembang, jadi dech siap dibentuk dan dibakar.
Resepnya dari http://aromacucina.typepad.com/aroma_cucina/2009/12/breadsticks-made-easy.html , hanya untuk pemaikaian ragi aku kurangi setengahnya dari resep yg seharusnya 8 gram.


Grissini

Bahan :
250 gr tepung protein tinggi
4 gr yeast
100ml hangat
1 sdt garam
1,5 sdm Olive oil
1/2 sdm madu

Cara:

1. Campur bahan kering jadi satu,tambahkan air,  uleni adonan sampai tercampur rata, tambahkan Olive oil aduk rata kembali, terakhir masukkan madu. Uleni adonan sampai kalis.
2. Istirahatkan adonan selama 15 menit dan mangkuk adonan ditutup dengan clingwrap atau serbet.
3. Kempiskan adonan giling melebar, kemudian gulung, memanjang  membentuk bulatan panjang,
4. Potong adonan menjadi 25 bagian
5. Kemudian giling adonan dengan tangan, sepanjang 20-25 cm
6. Siapkan Poppy seed atau wijen, gulingkan adonan yg sudah dibentuk panjang tadi kedalam Poppy seed sambil sedikit ditekan agar adonan menempel.
7.Atur dalam loyang ya sudah dialas baking paper, bakar dalam oven 180 derajat sampai kuning keemasan, biarkan dingin
   Sajikan dengan saus yang Anda suka, atau dimakan begitu saja.
Salam Roti
daniar

No comments:

Post a Comment