Monday, November 12, 2012

Homemade Pizza by Indah Pahlevi

Dear trio host breadweek
Mau ikutan laporan breadweek.

2 minggu ngga bisa masak dan beraktifitas normal memang benar2 menyiksa. Dipaksa istirahat karna batu empedu. rasanya koq aneh ditempat tidur aja, makanya saya bertekad bila sakitnya mereda kepengen bikin sesuatu dari dapur sendiri.
Hari ini sakitnya agak reda, dan kebetulan kepengen banget makan pizza. Setelah masak untuk makan siang, mulailah saya untuk buat adonan pizzanya. Ngga punya bread maker ataupun mixer besar ya bikinnya pake LG aja (lengan gede)...hehehe

Saya nyontek resep dari blognya mba Rina Rinso




Soft Dough Pizza

Bahan :
350 gr terigu protein tinggi (misalnya cakra)
15 gr gula pasir
5 gr ragi instan
20 gr susu bubuk
200 ml air es
50 gr mentega putih (tp aku pakai blueband)
1 sdt garam

Cara membuat (ala aku) :


  1. Campur semua bahan kecuali air dan garam. Kemudian masukkan air sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai kalis.
  2. Setelah kalis siamkan sampai adonan mengembang 2 kali. Di resep tertulis 30 menit tetapi aku kemarin biarkan proofing di suhu ruang 1 jam 15 menit.
  3. Setelah mengembang kempiskan adonan, kemudian bagi adonan menjadi 3 bagian. Bulatkan adonan dan diamkan 10 menit.
  4. Setelah didiamkan 10 menit tipiskan adonan dengan cara digiling. Kemudian tusuk-tusuk dengan garpu. Seharusnya bagian tepi adonan lebih tebal, tetapi aku kemarin rata aja semuanya.
  5. Setelah itu diamkan 30 menit sampai mengembang.
  6. Oven dengan api bawah suhu 190 derajat selama 8 menit sampai roti setengah matang.
  7. Oleskan bagian atas roti dengan saus pizza (untuk isian saya pakai saus bolognaise,bawang bombay, paprika merah, sosis, jamur dan  taburi dengan keju mozarella)
  8. Oven lagi selama 10menit sampai matang.
hasilnya jadi 2 loyang ngga tau ukuran brapa :)
hasilnya yummi banget karna kaya pizza yang terkenal itu *narsis ngga abis2*
siapa bilang ngga punya bread maker atau pun mixer bosch ngga bisa bikin roti ataupun pizza.
sekian laporan dari saya, mau balik istirahat lagi karna perutnya mulai terasa sakit lagi :)

No comments:

Post a Comment