Sunday, November 18, 2012

Pain Au Chocolate by Ina Kornie


Hi ibu-ibu host NCCBW,
dan juga teman-teman NCC yang cantik,
Setoran ke2 ya, kali ini main2 dengan adonan puff pastry. Tadinya mau buat croissant dan pain au chocolat, satu adonan jadi 2 bentuk yang beda, tapi croissantnya nggak sesuai harapan. Tapi pain au chocolatnya jadinya bagus dan ngembang.
Resep diambil dari sedap sekejap dengan beberapa penyesuaian di sana sini.

BAHAN I:

500 gram tepung terigu tinggi protein
1 bungkus ragi instan
15 gram susu bubuk
75 gram gula pasir
garam secukupnya
2 butir telur
200 ml air dingin
50 gram margarin
240 gram pastry margarin


Untuk isi

10 coklat batangan

1 kuning telur untuk mengoles

100 g selai apricot

20 ml air


CARA MEMBUAT :

  1. Campur tepung terigu, ragi instan, susu bubuk. Dalam wadah lain, campur gula pasir, garam, telur, dan air dingin sampai gula larut.

2. Gabungkan campuran terigu dan telur. Uleni sampai rata lalu tambahkan margarin. Uleni kembali. Perhatikan tidak boleh sampai kalis.

3. Bulatkan adonan lalu biarkan sambil dibungkus serbet basah selama 25 menit. 

4. Giling adonan hingga menjadi lembaran persegi panjang setebal 1 cm. Di tempat lain, giling juga pastry margarin hingga ukurannya menjadi 1/2 bagian lembaran adonan roti.

5. Taruh pastry margarin di tengah lembaran adonan roti. Lipat dua dan giling kembali hingga setebal 1/2 cm. Simpan dalam kulkas selama 20 menit.

6. Keluarkan adonan roti dari kulkas, kini lipat 3 bagian lalu giling kembali jadi setebal 1/2 cm. Lipat sisi kiri ke tengah dan sisi kanan ke tengah. Lipat dua bagian. Giling kembali hingga setebal 1/2 cm. Bungkus dengan plastik dan simpan lagi dalam kulkas selama 20 menit.

7. Keluarkan dari kulkas dan lipat tiga bagian, giling tipis. Bungkus lagi dengan plastik lalu simpan dalam kulkas selama 20 menit. 

8. Tipiskan adonan setebal 1 cm. potong persegi 10x10cm dengan pisau tajam.  Ambil satu lembar adonan pastry, letakan coklat batangan di bagian tengah dan lipat sisi kiri dan kanan ketengah hingga coklat tertutup.

9. Letakan pain au chocolat  pada loyang dengan posisi lipatan dibawah. Oles dengan kuning telur dan diamkan kira-kira setengah jam  hingga adonan mengembang kembali.

10. Panggang pada suhu 200 °C sampai mengembang coklat keemasan.

11. Panaskan air dan selai apricot dalam panci hingga menyatu. Sapukan selai apricot keatas pain au chocolate yang masih panas. Hindangkan selagi hangat.


Sumber: Sedap Sekejap/2/I/2000 dan modifikasi.
--------------------------------
Ina Kornie
http://mamadidapur.blogspot.com/
7/9-11 Ewos Parade
Cronulla 2230
Australia
--------------------------------

No comments:

Post a Comment