Sunday, November 18, 2012

Pretzel Casein Free by Lusmi



Dear Temans,
Pagi ini mendadak anakku minta dibikinkan pretzel. Setelah mengumpulkan dari berbagai sumber, kutak katik sana sini, jadi deh resep pretzel casein free ini.
Pretzel dibuat 3 rasa: manis, asin, dan plain dengan taburan coklat bubuk. Satu resep menjadi 9 pretzel. Tekstur pretzel adalah medium, alias tidak keras dan tidak lembut. Diminum dengan segelas kopi susu di sore2 yang mendung seperti hari ini, nikmatnya hmmmmm ..... :)
Yuk, berkreasi dengan pretzel.... :)


Pretzel by Lusmi 'Ken and Kay Love This'
Casein Free Recipe

300      gr     susu kedelai hangat
1 1/8    sdt   yeast
2         sdm  gula aren
1 1/8   sdt    garam
480      gr    terigu roti

Bahan B (campurkan dan aduk)
400     gr     air hangat
2         sdm  baking powder

Taburan: garam secukupnya atau gula secukupnya atau coklat bubuk secukupnya.
Olesan: margarin leleh,  margarin leleh +1 kuning telur

Cara:
1. Masukan yeast ke dalam 300 gr susu kedelai hangat. Aduk rata.
2. Masukkan gula aren. Aduk rata. Masukkan garam. Aduk rata.
3. Masukkan terigu. diuleni sampai kalis. Tutup dengan kain basah. Diamkan setengah jam. Siapkan bahan B.
4. Potong panjang adonan. di pilin dari tengah ke pinggir sampai memanjang setengah meter. Bentuk.
5. Celup adonan yang sudah dibentuk tadi ke bahan B, langsung angkat, taruh di atas kain (ada di foto step by step nya) , lalu langsung angkat dan taruh di loyang yang dialasi kertas roti/silpat.
6. Oles dengan margarin leleh. Tabur gula atau garam. Untuk coklat bubuk, tidak perlu dioles.
7. Panggang dengan api 180 derajat. Api bawah 10 menit. Keluarkan oles dengan margarin leleh+kuning telur. Panggang api atas 5 menit. Untuk pretzel tabur coklat, panggang api bawah 7 menit, lalu api atas+bawah 5 menit.

Selamat mencoba :)

Pretzel adalah sejenis kue yang berasal dari Eropa, kemungkinan besar dari Italia. Kue ini berupa tiga simpul atau belitan. Rasanya asin dan sedikit manis. Pretzel ada yang lunak dan ada pula yang keras. Pretzel yang keras telah dikembangkan ke beberapa variasi bentuk dari simpul yang berputar sampai ke bentuk lurus "tongkat pretzel" (disebut dengan "Salzstangen" atau tongkat garam karena ditaburi garam dan di Hungaria bernama Ropi). Adonan pretzel dibuat dari tepung terigu, air, gula, dan ragi, dan ditaburi dengan garam kasar. Di Amerika Serikat, pretzel adalah kue yang populer, Pennsylvania adalah pusat dari sejarah dan produsen pretzel. Sebuah variasi di Amerika adalah pretzel yang dilapisi yoghurt (atau "wajah hantu"), dengan lapisan tipis yoghurt. Pretzel yang keras juga tersedia dengan permen manis yang berlapis coklat, stroberi, dan berbagai rasa lainnya. Pretzel keras yang dilapisi coklat juga sangat populer, terutama disekitar hari raya Natal. Beberapa kemungkinan lain dalam penyajian adalah dengan mencelupkan pretzel di dalam mustard. Pretzel umum ditemui di bagian selatan Jerman (Swabia, Baden, dan Bavaria), dan Swiss. Di tempat-tempat itu pretzel sering diiris secara horisontal, diberi mentega, dan dijual sebagai pretzel mentega. Di Bavaria mereka makan pretzel untuk sarapan, dengan saos sosis putih. Di Hungaria pretzel dengan jenis itu disebut dengan perec.

No comments:

Post a Comment