Friday, November 23, 2012

Roti Kucing by An Rini


Halo ibu2 host & teman2 NCC,
Aku ikutaaan! sebenarnya malu karena tidak punya resep sepecial...rainbow week kemarin aku tidak sempat coba padahal pingin sekali ikut. kali ini ikut aja ah supaya acaranya jadi ramai-ramai.
Judul roti ini maksudku roti berbentuk kucing, beberapa bulan yang lalu lihat resep ini di cookpad, aku langsung jatuh cinta.....aku pecinta kucing walaupun kucingku di rumah nakal-nakal. hehehe
Jadi ini pertama kali aku coba, kelihatan nggak sih ini kucing?! ada kucing tidur nyenyak, ada yang sudah bangun :)
Bikin roti berbentuk binatang pasti disukai oleh anak-anak, bagaimana kalau pas hari libur bikin bersama anak? pegalaman itu pasti jadi special bagi si kecil! 
Aku minta maaf kalau penjelasan cara bikin roti ini sulit dimengerti. sudah dikeluarin semua kata-kata yang aku tahu, tapi masih kurang lengkap kayaknya...

[bahan roti]  kira-kira 7~8 kucing
 * 300g tepung terigu
 * 20g gula
 * 3g garam
 * 3g dry yeast
 * 30g butter
 * 220cc susu cair
 * coklat buat mata, hidung dan kumis
[cara]
 1.campur terigu, gula, yeast, aduk. tambahkan butter, susu, aduk, uleni sebentar.
    tambahkan garam, uleni hingga kalis.
 2. diamkan adonan hingga kembang.
 3. potong adonan untuk kepala kucing, badan, ekor masing-masing. dikempiskan dulu
    kemudian bentuk bulat.
 4. diamkan adonan 20 menit.
 5. bikin badan : bikin bentuk lonjong lalu digulung bulat. bikin muka : potong 2 sisi
     bentukkan telinga. letakkan kepala di atas badan, tempelkan ekor.
 6. diamkan hingga memgembang. 7. tulis mata, hidung, kumis pakai coklat. panggang
     di dalam oven 200C / 20menit.
[note]
  * waktu letakkan kepala, tempelkan dengan baik supaya tidak jatuh kepalanya.
  * sebelum dipanggang, olesi kuing telur juga hasilnya cantik!
  * soal adonan roti tentu boleh-boleh aja adonan favoritnya masing-masing. 
  * di dalam roti isi sesuatu misalnya coklat, krim, selai..etc, iya lebih enak!
  * cara berbentukkan, bisa lihat di http://cookpad.com/recipe/1430561 ada fotonya.
Terima kasih
An

No comments:

Post a Comment