Wednesday, December 5, 2012

Blueberry Streussel by Tress Anadith


Dear Peri Roti yang cantik dan baik hati….:)

Saya abg mau ikut meramaikan acara Bread Week yah…
Terus terang yang namanya bikin roti saya belum pernah ikut kursus secara khusus, saya hanya mengikuti step by step dari buku resep . Beberapa kali mengalami gagal, seperti adonan engga kembang sebelum masuk oven terus di paksain aja di masak hasilnya keras  banget bisa untuk dipake melempar mangga… pernah juga roti kempes setelah keluar dari oven nyaris rata dan keriput… tapi saya engga mau mengalah , terus saya ulang lagi sambil bertanya kepada family atau teman yg sudah mahir membuat roti , selain itu juga saya rajin membaca tread milis NCC. Dan akhirnya …..bangga sekali ketika mulai bisa menghidangkan roti buatan sendiri dengan tekstur lumayan baik…J
Untuk  acara Bread Week Ncc saya mau kirim laporan “Bluberry Strusel” masuk golongan roti manis.
Resepnya saya ambil dari buku karangan Chef Levi Adhitya Chan berjudul  Roti Modern.

Blueberry Strusel

Bahan A :
1 kg Tepung terigu protein tinggi
20 gr Ragi Instan
5 gr Bread improver
200 gr gula pasir
30 gr susu bubuk
3 btr telur
Bahan B :
250 gr air es
200 gr susu cair
Bahan C :
12 gr garam
180 gr margarine
Bahan strusel :
100 gr margarine
100 gr gula halus
20 gr susu bubuk
150 gr tepung terigu protein sedang

Cara membuat :

1.       Aduk semua bahan A sampai tercampur rata ( saya menggunakan mixer untuk roti )
2.       2. Masukan bahan B , aduk dengan kecepatan rendah hingga tercampur rata kamudian dilanjutkan dengan kecepatan sedang hingga kalis 80%.
3.       Masukan bahan C, aduk dengan kecepatan tinggi hingga kalis
4.       Istirahatkan adonan selama 20 menit lalu timbang seberat 20 gr. Ratakan dengan roling pin bentuk memanjang
5.       Bentuk kepang.
6.       Masukan dalam proofer 40 menit
7.       Strusel topping : Campur semua bahan, aduk dengan tangan hingga membentuk butiran kasar
8.       Setelah mengembang, keluarkan adonan dari proofer, poles dengan susu cair, tambahkan selai blueberry , lalu taburi strusel topping
9.       Panggang dalam oven yg sudah di panaskan suhu bawah 180 drj hingga matang.

Rotinya harum dan lembut….sampai tetangga rela menunggu roti yang masih di panggang karena tergoda dengan wanginya roti….

Demikian laporan saya , saya lampirkan fotonya juga…
Salam Roti Bluberry Strusel…..:)
 
Tress.AD

No comments:

Post a Comment