Thursday, December 6, 2012

Chocolate Cheese Monkey Bread by Dewi Woro

Dear Peri-peri Host Bread Week dan NCC-ers,

saya Woro ˆ⌣ˆ anggota pasif
Mau ikutan laporan,

Roti termasuk favorit saya dan keluarga.
(Saya biasa dengan cara manual aka LG -karena memang tidak punya breadmaker) :D

kebetulan ada NCCBW, lihat2 dan baca2 di milis ini, luar biasa takjub, isinya subhanallah beragam  dan sangat menginspirasi..
*masih bengong liat hasil setoran di NCCBW

Roti nya, Ter-Inspirasi stlh liat Blognya Mbak Arni - Viani Cookies dan ngiler liat mbak Riana posting foto + resep monkey Bread bbrp waktu yll.

Untuk adonan Rotinya, saya menggunakan resep dari Mbak Rieni-mamakencakery dan celupan nya lihat dr Blognya Mbak Arni  (maaf mbak-mbak, ijin paste ya, trims) dengan sdikit ada yg dimodif.

Hasilnya mungkin tdk secanggih para suhu/tmn2 NCC yg lain, saya masih harus byk belajar  ni :D

berikut resepnya
 
Roti Manis
Bahan :
 
500 gr terigu cakra
3 btr kuning telur --> saya pakai 3 butir telur utuh 100 gr gula pasir 100 gr butter/margarine 250 cc susu cair --> saya pakai 150 cc susu cair
1 bks ragi instant (11 gr)
1 sdm susu bubuk --> saya skip
1/2 sdt garam --> saya skip juga
 150 gr keju potong dadu --> saya kasih utk isian rotinya

Bahan pencelup:
100gr mentega --> dcairkan
350gr mini coklat chip-->saya ganti meises

Bahan olesan :
Susu cair secukupnya

Taburan: --->saya tdk pakai
1 sdm gula halus
2 sdt coklat bubuk

Cara membuat :
 
-larutkan ragi dengan 2 sdm air hangat, tunggu sampai ragi mengembang lbh kurang 10 menit (cara ampuh untuk menghilangkan bau asem ragi pada roti).

-bahan kering campur jadi satu kecuali garam, tambahkan bahan cair dan ragi yang sudah dilarutkan, uleni sampai kalis (pake mixer) masukkan butter dan garam, uleni sampai elastis.

-diamkan kurleb 30 menit.
potong/bagi adonan @ 30 gr.

-isi dengan potongan dadu keju, bulat2kan kembali setelah itu celupkan ke mentega cair, gulingkan ke meises. Lakukan sampai adonan roti habis.

-Susun dalam loyang (dtumpuk asal saja tapi seimbang). Tutup dgn serbet atau clingwrap biarkan selama 1 jam, setelah itu dioles dengan susu cair.

-Panaskan oven 200 derajat. panggang roti selama 10 menit, kemudian turunkan suhunya jadi 170 derajat, panggang roti sampai matang kecoklatan.

--Keluarkan roti dari oven segera oles permukaan nya dengan mentega.Biarkan roti tetap di loyang selama 10 menit baru lepaskan dengan bantuan pisau. Taburi permukaan dengan bahan taburan..

Salam

No comments:

Post a Comment