Thursday, December 6, 2012

Roti Strawbery Ragi Alami by Mei Djeng Kamto


Apa kabar Ibu – ibu peri roti yang baik hati  ? 
Kali ini saya kirimkan roti strawbery (ngomongnya yang medok yaaa...he he ala bule ..atau Chincya Lawra)
Roti ini pakai resep ragi alami yang ada didalam buku Sangjin Ko, kali ini saya mencoba buah strawbery sebagai bahan ragi nya. 
Ragi nya saya buat dihari Selasa siang, dan saya buat roti nya dihari Jumat siang he he dan baru sempat dilaporkan hari ini  : )
Lagi lagi berangkat dari rasa penasaran yang melanda...he he mari kita coba yaaa :
 
Ini dia resep dan cara pembuatan  ragi nya  (dari resep Sangjin Ko yang telah dikutak katik) :
100 gram strawbery
250 mL air
2 sendok teh madu
Masukkan semua bahan diatas kedalam toples (saya pakai toples bekas kopi instant) yang telah saya cuci bersih (lepas lapisan plastik pada tutupnya) dan saya masukkan kedalam air mendidih, rebus dengan api kecil kira kira 5 menit). Masukkan toples kedalam ice box yang terbuat dari foam sheet , menurut buku agar suhunya stabil
 
Dari hari Selasa hingga Jumat he he saya bersabar menunggu, baru Jumat siangnya saya mulai membuat adonan biang dengan ragi strawbery ini ....sekali lagi caranya coba coba karena penasaran .
 
Begini resep dan cara pembuatan  biangnya
125 gram ragi alami strawbery (saya ambil air nya saja dan saya timbang)
125 gram terigu protein tinggi
Campurkan semua bahan ini dengan spatula, dan biarkan dibaskom tertutup kira kira 3 jam
 
Bahan isian :
Selai strawbery 100 gram
 
Bahan Roti nya :
Mentega/butter 40 gram
Gula 30 gram
Garam ¼ sdt
Kuning telur 2 buah
Terigu kurang lebih 150  gram
 
Cara pembuatan :
  1. Uleni dengan tangan semua bahan roti dengan tangan hingga rata (kecuali terigu)
  2. Campurkan semua bahan roti yang telah diuleni (kecuali terigu) dengan bahan biang, uleni lagi
  3. Masukkan terigu sedikit sedikit hingga adonan kalis
  4. Bulatkan adonan, dan biarkan mengembang beberapa saat (kurang lebih 20 menit)
  5. Buang gas adonan dengan menggunakan rolling kayu, serta bagi menjadi 8 bagian (kira kira masing masing sekitar 50 gram)
  6. Isi dengan selai strawbery masing masing bagian, bentuk lonjong dan kerat bagian atasnya dengan pisau/pizza cutter , kemudian tata diatas loyang yang telah dipoles
  7. Biarkan mengembang beberapa saat (kurang lebih 20 menit)
  8. Oven dengan suhu kurang lebih 190 – 200 derajad celcius hingga matang
 
Roti strawbery dengan ragi alami ini, rasanya enak , rotinya mengembang.......tapiii menurut saya mengembangnya tidak maksimal serta teksturnya kurang lembut he he ...
Apa memang begini ataukah ada yang kurang betul pada sesi pembuatannya? Atau selai strawbery buatan toko yang terlalu encer berpengaruh kepada tekstur roti nya ...... he heh hanya Tuhan yang tahu, semoga ada Suhu yang berbaik hati dan menularkan ilmunya dengan bahasa yang sederhana seta mudah dipahami tentang pembuatan roti dengan ragi alami ini


Salam Penasaran Roti Ragi Alami
Mei Djeng Kamto - (Kediri)

No comments:

Post a Comment