Monday, December 10, 2012

Cinnamon rol with choco cip dan meises by Klara Kurnia

selamat malam host bread week,
mudah2an laporan ini masih bisa diterima
alhamdulillah akhirnya saya bisa melawan penyakit "M" (males he he he ) untuk mulai membuat cinnamon rol ini....menghaluskan kayu manisnya sih sdh 3 hari yang lalu...
sebenarnya anak gadisku sudah minta dibuatkan sejak lama...tapi ibunya gak sempat sempat..
roti ini saya buat menggunakan resep mbak Hesti, seperti ini resepnya (dgn beberapa perubahan ):

Bahan :
- 400 gr tepung terigu protein tinggi
- 200 gr tepung terigu protein sedang
- 120 gr gula pasir
- 10 gr ragi instan
- 25 gr susu bubuk full cream ( saya tidak pakai)
- 1 butir telur, 1 kuning telur
- 1 sdt garam (saya tidak pakai)
- 75 gram margarin
- 275 ml air hangat ( saya pakai 175 ml susu cair + 100 cc air hangat)


Filling Cinnamon Roll :
- kismis (tidak punya jadi diganti choco cips dan meises)
- gula palem
- kayu manis


Cara membuat :
1. Rendam ragi dalam air hangat, aduk rata biarkan selama 10-15 menit
sampai mengembang.
2. Dalam wadah, masukkan semua bahan kering lalu aduk rata. Masukkan
air ragi dan telur lalu mixer dengan cantolan spiral sampai adonan
bercampur semua.
3. Tambahkan margarin  kocok sampai kalis elastis. saya pakai concerto
4. Fermentasikan selama 45 menit.
5. Kempeskan adonan. Ambil adonan 250 gr adonan, giling persegi empat
panjang 30x18cm, olesi butter lalu tuang bahan taburan yaitu campuran
kayu manis, kismis dan gula palem. Sisakan space 1 cm di ujung atas
untuk merapatkan adonan. Gulung seperti bolu gulung lalu rapatkan
ujungnya. Potong potong lalu taruh di loyang yang sudah dioles
margarin. Fermentasikan 45 menit. Panaskan oven 375 F atau 190C.
Sebelum dipanggang olesi telur. Panggang selama kurang lebih  20 menit
atau sampai kecoklatan. 

wanginya benar benar bikin pingin ngemil tengah malam

1 comment: