Sunday, December 9, 2012

Donat Kentang by Rahma Syahmidan


Selamat malam para hosts Ncc Bread Week,

Sebelum Ncc Bread Week berakhir dipenghujung malam ini, saya ikut serta setor laporan ^_^
Sejak gong event ini ditabuh, saya sudah mulai mencari resep yang menarik untuk saya coba. Namun karena tidak menemukan waktu yang tepat untuk mencobanya alhasil dipenghujung event saya lebih memilih membuat donat kentang saja, alasan saya karena baby Daffa dan orang serumah sangat doyan makan donat :D
Ini adalah kali kedua saya membuat donat kentang. Percobaan pertama berhasil. Itu membuat saya bertambah semangat dan suka bikin berbagai jenis donat. Yang saya sukai dari donat kentang karena teksturnya yang lembut dan empuk trus hasil jadinya juga menul-menul cantik dan enak. Resep yang saya gunakan tetap resepnya ncc yang sudah terbukti nggak pernah bikin kecewa *thanks bu Fat :)*

Donat Kentang NCC
Bahan :
500  gr   tepung terigu protein tinggi
  50  gr   susu bubuk
  11  gr   ragi instan
200  gr   kentang, kukus, haluskan dan dinginkan
100  gr   gula pasir
  75  gr   mentega/ margarin  (saya pakai margarin)
 1/2  sdt  garam
    2  btr  kuning telur
100  ml   air dingin

Cara Membuat :
Dalam wadah, campur tepung terigu, gula pasir, susu bubuk, ragi instan, aduk rata, masukkan kentang halus, tuang telur dan air dingin, ulenin hingga rata dan setengah kalis.
Beri mentega dan garam, uleni terus hingga kalis elastis. Istirahatkan 15 menit.
Bagi adonan masing-masing 50 gram (saya, 30 gram), bulatkan. Diamkan 20 menit hingga mengembang.
Lubangi tengahnya menjadi bentuk donat, segera goreng sampai kuning kecoklatan.
Angkat, tiriskan. Taburi gula donat atau hias dengan cokelat.


Salam donat empuk,
Cut Nita

No comments:

Post a Comment