Thursday, December 6, 2012

Donat Kentang Empuk by Yanti Abadi

Dear peri-peri roti...

Ini adalah laporan ke-2 dalam event Bread Week ini. Pengennya sih setor laporan terus, apadaya belum semua resep sempet dieksekusi. Resep donat yang ini diambil dari buku “Membuar Roti Lezat ala Bakery” terbitan Demedia. Hasilnya donat kentang lebih berpori dan tetap empuk walaupun tidak menggunakan bread improver, mungkin karena pemakaian kuning telur yang cukup banyak.
Ada sedikit accident waktu menguleni adonan. Saat kulihat adonan sudah hampir kalis elastis (yippy..senang banget rasanya) aku baru ingat kalau adonan utamanya yaitu KENTANG belum dimasukkan. OMG gimana nih???? Akhirnya kentang kukus yang sudah disiapkan (dipenyet-penyet lagi pakai sendok agar lebih halus dan tidak menggumpal) dimasukkan ke dalam adonan tadi. Setelah kentang dimasukkan adonan malah menjadi lebih lembek dan lebih lengket…wahhhh pengen nangis rasanya, gimana nih..padahal sudah hampir kalis elastis dan sudah diuleni lebih dari satu jam (pake concerto karena adonan awal lebih lembek mungkin karena kentang yang kelupaan dimasukkin-tepok jidat)..pantang menyerah ah soalnya sikecil dari tadi dah nanyain terus..’Ma..donatnya jadi’kan? Hu hu hu..
     Akhirnya dengan semangat 45 pengulenan dilanjutkan sampai total 2 jam diuleni (waktu diuleni setelah kentang masuk sepertinya adonan sudah mulai terbentuk gas) lalu adonan dipindahkan ke wadah dan ditutup dengan plastik. Setelah 30 menit adonan mengembang naik. Waktu dipegang adonan masih terasa agak lembek dan lengket, agak pesimis juga sih bisa nggak ya kalau dibentuk.
     So aku siapkan plastik untuk alasnya, tabur terigu, letakkan sejumput adonan, tabur terigu lagi, tutup plastik lalu digilas dan cetak (ceritanya memberdayakan cetakan donat yang ada di rumah). Asyik adonannya bisa dicetak dengan mudah (Hore hore hore….). Adonan yang sudah dicetak didiamkan dulu beberapa menit, deg2an banget, apakah adonannya akan mengembang lagi ato bantet ya… Akhirnya mengembang dengan sukses dan siap digoreng. Fiuuh lega banget rasanya melihat donat yang sudah digoreng bentuknya menul-menul dan lembut dan pastinya senyum sikecil yang senang akhirnya bisa makan donat juga.
Satu pelajaran penting yang harus kuingat adalah Semua bahan yang sudah disiapkan harus diletakkan dalam satu area agar tidak ada yang tertinggal.
Bagi yang ingin mencoba, ini dia resepnya :

DONAT KENTANG EMPUK by YANTI ABADI
Sumber : Buku Membuat Roti Lezat Ala Bakery terbitan Demedia
Hasil : 30 buah

BAHAN :
400 gr terigu protein tinggi (cap Cakra Kembar)
100 gr terigu protein rendah (cap Kunci Biru)
75 gr gula pasir
30 gr susu bubuk
½ bks ragi instan (Fermifan)
250 gr kentang kukus, haluskan
 60 gr mentega (Orchid butter)
3 btr kunig telur
300 ml air (aku pake susu cair)
½ sdt garam
 
Minyak padat /minyak goreng ditambah 1 sdt shortening untuk menggoreng
Gula donat untuk taburan
 
CARA MEMBUAT :
1.      Campur tepung terigu, gula pasir, susu bubuk, dan ragi instan, aduk rata. Masukkan telur dan air/susu cair. Masukkan kentang kukus, aduk perlahan sampai rata. Uleni sampai semua bahan tercampur rata.
2.     Pindahkan ke dalam Concerto yang sudah disiapkan sebelumnya. Putar Concerto sampai adonan menjadi kalis, tambahkan mentega, uleni lagi lalu tambahkan garam. Uleni lagi sampai kalis dan elastis (karena adonan kelembekkan dan kentangnya lupa dimasukkan maka pengulenan sampai 2 jam).  Bulatkan adonan, tutup dengan plastik wrap/kain bersih dan diamkan sampai mengembang (kira-kira 30 menit). Tinju adonan untuk mengeluarkan gasnya.
3.     Taburi terigu di atas alas yang akan dipakai untuk menggilas adonan. Ambil adonan secukupnya lalu gilas dengan rolling pin dan cetak dengan cetakan donat (diameter 6 cm dengan lubang ditengahnya). Letakkan adonan yang sudah dicetak diatas alas/loyang bertabur terigu. Diamkan sampai mengembang.
4.    Panaskan minyak goreng yang agak banyak dengan api sedang. Masukkan adonan donat, tusuk tengahnya dengan sumpit, putar-putar adonan sampai menyerupai cincin.
5.       Balikkan donat, goreng sampai matang dan kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan. Taburi dengan gula donat.

No comments:

Post a Comment