Thursday, December 6, 2012

MaMiko McMuffin by Amy Pangestu

Sudah lama juga tak setoran untuk NCCBW karena sibuk persiapan UAS anak *fyuh*

Setor resep yah:) karena kebetulan stoknya sudah habis dalam freezer jadi sekalian buat deh.

Bagi yang menanggapi betapa sayangnya sisa madre dibuang saat proses pematangan tak usah berkecil hati, seperti janji saya sebelumnya, saya ada resep yang sekiranya dapat menghilangkan kekhawatiran mubazirnya madre yang belum matang. Namun ini juga bisa kok menggunakan madre yang benar-benar sudah jadi. Nah, asik kan. Itu poin nomor 1. Nomor 2nya lebih asyik lagi..

Sebagai ibu rumah tangga pastilah ada saat-saat kita bangun kesiangan jadi tak sempat menyiapkan sarapan apalagi bekal. Nah bila itu terjadi biasanya saya selalu membeli Egg McMuffin di resto cepat saji berlogo M hehe.. Kenapa beli itu? Karena isinya cuma telur dan keju.. Cukuplah proteinnya untuk memulai hari sibuk dan dengan rasa yang menurut kami cukup enak. Selain itu produk tersebut ga junk food-junk food amat dibandingkan produk si resto M lainnya yang berminyak dan tau deh ya terbuat dari apa.

Nah, roti yang dipakai bukanlah bun yang lembut seperti kapas. Itu adalah English Muffin yang cukup padat. Banyak sih resep English Muffin beredar dari yang otenik hingga yang sudah dimodifikasi. Namun saya memakai resep yang telah dimodifikasi agar dapat menggunakan si sourdough yang ada. Resep ini saya ambil dari wildyeast.com namun saya modifikasi lagi agar lebih sehat lagi dan sesuai dengan cuaca kita yang panas dingin.

Resep

Sponge:
110 gr madre/sourdough starter
150 gr tepung segitiga
100 gr tepung whole wheat
10 gr wheat bran
260 gr susu kedelai tawar (bisa diganti susu low-fat)

Adonan akhir:
75 gr tepung segitiga
Secubit garam
1 tsp baking soda
2 tsp madu

Cara membuat:
-Aduk rata semua bahan sponge, tutup dengan plastic dan biarkan 8 jam dalam suhu ruang.
-Setelah 8 jam aduk bahan sponge dengan bahan adonan akhir dan uleni hingga kalis.
-Taburi tepung meja anda dan gilas adonan hingga kurang lebih tebalnya 1cm
-Gunakan mug (saya tak punya cookie cutter yang cukup lebar) yang cukup besar dan cetak bulat-bulat.
-Taburi Loyang yang telah dialas kertas dengan tepung dan susun muffin yang telah dicetak bulat
-Biarkan mengembang 45mnt-60mnt
-Ada dua cara memasaknya. Bisa diatas pan Teflon dengan pemasakan 7 menit masing-masing sisi dengan api sedang. Bisa juga dipanggang dalam oven bersuhu 210C selama 10menit masing-masing sisi.

Jadi deh!

Dulu, pertama sekali saya buat ini, saat bangun tepat waktu saya bilang ke suami, “Sarapan McMuffin yuk!” Dia akan jawab,”Lha.. Kita kan ga kesiangan.” Langsung deh pasang muka tak butuh.. “Ih… siapa juga yang ngajak ke M” hahaaa.. Tinggal ceplok telur, beri keju slice, smoke beef bila ada, jadi deh McMuffin yang berserat tinggi dan super sehat. Jadi kata siapa junk food tak bisa dibuat versi sehatnya?

Oya ini bukan hanya enak dengan telur ya. Bisa juga diberi cream cheese dan selai buah..oh my! YUM!

Untuk catatan:
-Bila Madrenya belum matang, garamnya bisa ditambah hingga 2 atau 3 cubit dan waktu membiarkan sponge mengembang ditambah hingga 10 jam karena 8 jam itu untuk waktu madre yang matang. kalau saya biasanya saya siapkan sebelum tidur pada malam hari agar ga kerasa lama menunggunya.
-Untuk kepraktisan dapat digandakan resepnya dan masukkan freezer hasil matangnya. Microwave sebentar sebelum dikonsumsi.

Selamat mencoba,
@amypangestu

No comments:

Post a Comment