Thursday, December 6, 2012

Roti Coklat Ubi Ungu by Irma Ramli

Bismillahirohmanir'rohim.
 
Dear peri host NCCBW & all NCCers dimanapun berada,
Alhamdulillah akhirnya target saya untuk bisa masukin 3 laporan untuk NCCBW dapat tercapai pada detik-detik hari terakhirnya event NCCBW ini.
 
Inspirasinya roti ubi ungu ini dari buku resep Sedap & Bogasari 51  Resep Roti & Pao pada halaman 44-45.
Tapi ada beberapa perubahan yang saya lakukan terutama pada komposisi ubi & tepung.
Dalam resep di buku, perbandingan ubi & tepung adalah 1:4.
Saya membuatnya menjadi 1:2 sehingga kandungan ubi bisa lebih banyak dan saya skip pewarna ungu yang ada dalam resep karena tanpa pewarna tambahan, warnanya sendiri sudah cakeppp banget.
Kemudian karena komposisi tepung & ubi berubah maka kadar cairan juga berubah.
Alhamdulillah saat adonan mulai di uleni, auranya sudah positif (hehehe) jadi walaupun modifikasi dari resep asli banyak banget yang saya lakukan namun adonan bisa kalis dan elastis.
Dan saat sudah matang, serat rotinya halus.
Rasanya pun pas (menurut saya lohhh), ngga kemanisan.
 
Ada satu pelajaran yang aku ambil dari practice kemarin yaitu karena terlalu terburu-buru pengen merasakan hasil jadi roti matengnya sementara cuaca sedikit mendung jadinya proofing terakhir sepertinya kurang sempurna.
Namun walaupun teksur roti sedikit padat karena keburu di oven namun hingga senin malam (aku bikinnya minggu sore), serat roti tidak menjadi kering kerontang dan menjadi kasar.  Tetap lembut.
Padahal without any additional improver or softener :-)
 
Insya Allah weekend ini mau bikin lagi karena stok ubi ungu cantik masih ada dan saya akan bersabar menunggu proofing terakhir yang sempurna.
Pengen tahu hasilnya akan seperti gimana.
 
O iya, walaupun fotonya tidak sekeren teman-teman lain... mudah-mudahan berkenan ya saya selipin link untuk melihat dokumentasi seadanya yang saya buat waktu proses bikin roti ubi ungu ini kemarin.
Album foto ini sudah saya share untuk publik jadi tanpa perlu jadi friend dulu, insya Allah bisa dilihat.
 
 Dan inilah resepnya :
 
 
~ Roti Coklat Ubi Ungu ~

Bahan :
200 grm tepung protein tinggi (aku pake tepung K2)
100 grm ubi ungu yang sudah dikukus (bukan di rebus yaa) & dihaluskan
30 gram susu bubukpasir
40 grm gula pasir
3 grm ragi instant
1 kuning telur
70 ml air es
35 grm mentega/margarine
½ sdt garam

Bahan Isian :
Bisa apa aja, disesuaikan dengan bahan yang ada di rumah, coklat atau kiju atau pisang atau kombinasi

Cara Membuat :
* Campur tepung, gula pasir, susu bubuk, & ragi instant dalam wadah. Aduk hingga rata, bole pake spatula, kocokan mixer, atau tangan.
Pokoknya adonan kering ini tercampur rata.
* Masukkan ubi ungu halus, kuning telur, dan separuh dari air es (kur leb 30ml)
* Mulai di uleni sambil masukkan air es sedikit sedikit.
Apabila menggunakan tepung cakra kembar, bisa jadi air yang dibutuhkan lebih sedikit.
Jadi jangan kesusu kalo masukkin air es-nya karena lebih baik nambah air sedikit-sedikit daripada adonan kelmbekan terus mesti nambah tepung (itu kalo menururt saya yaa… hehehe).
ingat : air es.... jangan air biasa atau air hangat atau air suam-suam kuku yaaaa ^_^
* Setelah itu, masukkan mentega/margarine dan garam.
* Lanjutkan uleni, membanting adonan hingga adonan kalis & elastis.
* Apabila sudah kalis, istirahatkan adonan hingga mengembang dua kali lipat. Waktunya tergantung suhu ruangan. Semakin panas akan semakin cepat mengembang.
* Kempiskan adonan, keluarkan gasnya. Lalu timbang sesuai ukuran yang di inginkan.
(Biasanya saya timbang dulu total adonan lalu bagi sesuai dengan jumlah roti yang aku inginkan.
Kemarin total adonan 499 gram lalu saya bagi 9 karena ganjil kan lebih baik daripada genap …hehehe.
* Setelah di timbang dan di bagi rata, lalu bulatkan (rounding) hingga permukaannya halus, mulus, dan licin.
* Istirahatkan sebentar saja, kurang lebih 10 -15 menit.
* Lalu mulai dibentuk dan di isi sesuai selera.
* Setelah di bentuk, istirahatkan kira-kira sejam.
* Oven dengan suhu tinggi (190 – 200 derajat) selama paling lama 10 menit. Kelamaan di oven, serat roti akan jadi kering & kurang enakkk lagi.
* Siap disantap…... paling asiikkk kalo disantap selagi anget
 
Terimakasih untuk NCC yang sudah membuat ajang NCCBW ini...
Bikin roti sendiri...siapa tachuttt !!!!! Hehehehe
 
Salam roti,
irma ramli

No comments:

Post a Comment