Thursday, December 6, 2012

Roti Boy Isi Keju by Ecy teddy

Selamat sore peri roti,,,
Newbie mau ikutan breadweek nih,belum lama join grup,selama ini jadi silent reader sambil belajar. Bikin kue udah jd hobi aku dari gadis. Jd ngerasa pas bgt join d milis ini.

Roti boy adalah roti favorite aku,juga anakku. Setelah buka2 web ncc,aku coba resep Roti Polo ala bu Fat,,tp aku modif dikit. Ijin ya bu Fat :)

Aku pake setengah resep aja,soalnya ngadonin pake tangan,dan anak kedua aku kaget2 smp ketakutan mamanya banting2. Hehehe

Langsung lapor ah,,,

Roti Boy Isi keju
(Resep asli Roti Polo by Fatmah Bahalwan modify by me)

Bahan:

250 gr tepung terigu protein tinggi (aku pake cakra)

50 gr gula halus

50 gr  mentega (aku pake blueband)

1 sdm (1/2 bungkus) ragi instant (aku pake fermifan)

1/2 sdt bread improver » skip

3 butir kuning telur (harusnya 2,tp krn telurnya kecil2 aku pake 3)

100 ml air es

1/4 sdt garam

Bahan isi:

Butter beku, potong-potong kotak dadu (aku ganti keju slice prochiz,2 lembar d potong jd 8)

Cara membuat:

Campur semua bahan kering,kecuali garam,aduk rata. Masukkan air es&kuning telur, aduk dan uleni sampai rata dan masukkan mentega dan garam, uleni lagi sampai kalis dan elastis. Bulatkan adonan dan diamkan sampai mengembang 2x lipat. (Aku sekitar 1,5jam)

Setelah mengembang,empiskan adonan,potong 8. Jujur nih gk pake timbang2,cm perkiraan aja d potong rata. Ternyata ada 2 yg lebih gede dan 1 lebih kecil. Hehe. Pipihkan, isi dengan keju. Bulatkan dan istirahatkan kembali sampai mengembang lagi sekitar 45 menit.

Bahan topping:

25 gr gula halus

25 gr gula palem

50 gr mentega (aku pake blueband)

40 gr telur tanpa kulit (pake 1 telur ukuran kecil)

65 gram terigu protein rendah

1 sdt kopi instan, larutkan dengan 1 sendok makan air panas, dinginkan

1/2 sdt  pasta coffe mocca (gk sempet beli essens coffee,kyknya ini yg kurang bikin semeriwing,walapun tetep wangi kopi)

Cara membuat topping:

Kocok mentega, gula halus, gula palem dan telur hingga lembut dan creamy. Masukkan terigu, aduk rata. Masukkan larutan kopi dan pasta. Setelah rata,masukan dalam piping bag,lalu buat lingkaran seperti obat nyamuk d atas adonan roti,sisakan 1/4 karena akan meleber saat d panggang. Dan ternyata aku gk rata nih,jd msh ada tersisa bagian yg gk kena topping.

Setelah itu panggang 15 menit. Dengan menukar loyang bagian atas dan bawah serta tengah bergantian agbar matang merata (bagian toping kering). Aku pake otang,gk punya termometer. Jd d kira2 pake suhu seharusnya 180 'C.


Jadinya garing d luar,lembut d dalem plus rasa kejunya bikin anakku suka bgt. Hehehe.

Pas banget nih ujan2 makan roti boy isi keju sama segelas kopi anget ;)

Salam Roti


Ecy | mama Kiandra (3y5M) & Leandro (1y5M)
Fb: kiandra coconcraft shop

No comments:

Post a Comment