Wednesday, December 5, 2012

Roti Manis Coklat by Permai sari molyana Yusuf


Dear Trio Host NCC Breadweek, 

Menyajikan roti isi coklat hangat fresh from the oven buat kakak fio (4y) yang pulang dari selesai mengaji itu sangat menyenangkan. Sebelum berangkat doi sudah tau aku sedang membuat roti coklat kesukaannya, pesannya “rotinya jangan dihabisin bunda, fio suka” duhh meleleh deh…. Timer oven berdering bersamaan dengan kring kring klakson sepedanya di luar pagar… Mari makan roti hangat ^^

Roti manis adalah makanan berbahan dasar utama tepung terigu dan air, yang difermentasikan dengan ragi, tetapi ada juga yang tidak menggunakan ragi dengan kandungan gula yang lebih banyak dari roti biasa. Namun kemajuan teknologi manusia membuat roti diolah dengan berbagai bahan seperti garam, minyak, mentega, ataupun telur untuk menambahkan kadar protein di dalamnya sehingga didapat tekstur dan rasa tertentu. Roti termasuk makanan pokokdi banyak negara Barat. Roti adalah bahan dasar pizza dan lapisan luar roti lapis. Roti biasanya dijual dalam bentuk sudah diiris, dan dalam kondisi "fresh" yang dikemas rapi dalam plastik. Dalam beberapa budaya, roti dipandang sangat penting sehingga menjadi bagian ritual keagamaan. (sumber Wikipedia)

Roti manis 

Bahan
250 g terigu protein tinggi
 4 g ragi
1 gr baker bonus
2 g ibis
60 g gula
1 btr telur
10 g susu bubuk
 100 ml air dingin/ UHT dingin
 35g mentega

Olesan : 10 sdm susu evaporated 
 
Masukkan bahan kering (terigu, ragi, baker bonus, ibis, gula) aduk rata
Masukkan telur, aduk rata, tuang air dingin sedikit demi sedikit hingga agak kalis
Masukkan garam dan mentega, aduk hingga kalis elastis
Diamkan adonan dalam keadaan tertutup selama 30 menit atau hingga adonan naik
Kempiskan adonan dan timbang masing masing 40 gram, bulatkan, diamkan selama 1 jam. Kemudian bentuk dan isi dengan coklat, diamkan 30 menit atau hingga mengembang lalu oles dengan susu evaporated.
Oven dengan suhu 200C hingga matang 
Sajikan hangat

No comments:

Post a Comment