Sunday, December 9, 2012

Roti Tawar Manis Coklat by Brayat Estiyani


Selamat malam para peri roti.....
mau laporan lagi, kali ini penasaran dengan coklat bubuk. Katanya kalau cake menggunakan coklat bubuk idealnya digunakan juga baking powder,apakah di roti juga demikian? Karena penasaran kebetulan kemarin sisa coklat bubuk BDCK anak sekalianlah mencoba coklat bubuk untuk adonan roti (saya menggunakan mixer).Ini dia resepnya :

" Roti Tawar Manis Mini " ( Judul asli dari Sajian Sedap, resep saya " Roti Tawar Manis Coklat")

"Roti Tawar Manis Coklat"
Bahan:
- 250 gr terigu protein tinggi
-125 gr terigu protein sedang ( saya gunakan 100gr + 20 gr coklat bubuk bensdrof(bener gak ya tulisannya,maaf)).
- 2 sdt ragi instant ( saya gunakan 9gr sisa terakhir stok ragi instant)  
-75 gr gula ( 150 gr mengimbangin coklatnya)
- 2 telur
- 1/2 sdt kayu manis (saya gunakan untuk isian:1 sdt + 1 sdm gula+50 gr mentega)
-200ml air es/susu cair
- 60 gr margarin
- 1/2 sdt garam

Bahan isian :
- kayu manis (seperti diatas)
- margarin + coklat blok diiris kecil-kecil
- meses buat taburan

Bahan olesan
- Butter dan susu cair

Cara membuatnya:
1. Campur semua bahan kering terigu,ragi, gula diaduk rata
2. Tambahkan telur + air/susu diaduk/ uleni sampai kalis
3. Tambahkan margarin,garam. uleni sampai kalis elastis (adonan ditarik tidakputus), bulatkan tutp dgn plastik wrap/serbet dan diamkan 30 menit.
4. Kempiskan adonan timbang @ 40 gr giling 1cm beri isian,  letakkan di loyang yang telah dioles margarin dan diamkan kembali 60 - 90 menit.
5. Oven 12-15 menit 190 DerCelcius. Oles dengan butter atasnya. karena warnanya rotinya coklat ternyata hanya samar penampakan olesannya.

hasil lb. 25 buah, manisnya pas dan rotinya empuuuk. Saya bentuk macam-macam yang dikepang isiannya kayu manis, yang lainnya coklat.
Maaf para ibu host saya foto menggunakan HP dan dadakan mudah-mudahan tidak over,terimakasih. Silahkan mencoba.........

Regard
Esti

No comments:

Post a Comment