Sunday, December 9, 2012

Soft Bread by Miranty syamsirwan

Assalamualaikum, selamat malam peri roti.. 
Disaat-saat terakhir ini mudah-mudahan masih bisa diterima di NCC Bread week ini.. 
Sebenarnya membuat roti ini yang ke dua kali buat aku.

Aku sekarang buat resepnya Mbak Fatmah (Soft Bread)Yang sudah pasti enak, empuk, lembut.. Dan buat keluargaku rasanya lebih enak..
Disini aku buat tanpa isian apapun karena kebetulan dirumah hanya ada ceres yang sgj dibeli tapi lupa dihias keburu msuk oven...:D
Aku cuma berharap dapet bagdenya yang keren aja deh..
Buat bu fatmah, terimakasih resepnya..

Roti Empuk / SOFT BREAD
:: Penulis : Fatmah Bahalwan
 
Bahan :
500 gr  tepung terigu protein tinggi
100 gr  gula
100 gr  mentega (aku pake butter wisjman full)
11 gr    ragi instant
½ sdt    bread improver (gak pake, karena gak ada)
4 btr     kuning telor
300 ml  air es (pake hanya 200ml)
½ sdt    garam
2 sdm susu bubuk (aku tambahin sendiri)

Olesan:
Kuning telur

Cara membuat: 

Campur semua bahan kering, kecuali garam, aduk rata
Masukkan air 200ml dan telur, aduk dan uleni sampai rata.
Masukkan mentega dan garam, uleni lagi sampai kalis elastis.
Adonan siap dibentuk-bentuk. (Aku timbang masing2 50 gram)
Diamkan adonan hingga mengembang 2 kali, lalu oven hingga matang.

Catatan: sisa air 100ml buat jaga-jaga aja kalau adonan kurang lembek tambahkan sedikit demi sedikit.

Mira

No comments:

Post a Comment